Tunas Geografi
Vol 6, No 1 (2017): JURNAL TUNAS GEOGRAFI

KESIAPAN GURU GEOGRAFI DALAM PENERAPAN STANDAR PROSES DAN STANDAR PENILAIAN SESUAI KURIKULUM 2013 DI SMA NEGERI 3 MEDAN

Syahdana Sahin Lubis (Unknown)
Nurmala Berutu (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) penerapan standar proses sesuai kurikulum 2013 di SMA Negeri 3 Medan; (2) penerapan standar penilaian sesuaiĀ  kurikulum 2013 di SMA Negeri 3 Medan. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 3 Medan yang terletak di Jl. Budi Kemasyarakatan No. 3 Kelurahan Pulo Brayan Kota Kecamatan Medan Barat Kota Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru geografi di SMA Negeri 3 Medan yang berjumlah 2 orang dan sampel dalam penelitian ini adalah sampel total (total sampling) yaitu seluruh guru geografi yang ada di SMA Negeri 3 Medan yang berjumlah 2 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, dan studi dokumenter, serta teknik analisis data yang digunakan yaitu analasis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Kesiapan guru geografi dalam penerapan standar proses sesuai kurikulum 2013 tergolong sangat tidak siap (57,22), (2) Kesiapan guru geografi dalam penerapan standar penilaian diperoleh nilai untuk penilaian autentik sesuai dengan kurikulum 2013 tergolong sangat tidak siap (33,05). Dengan demikian Kesiapan Guru Geografi Dalam Penerapan Standar Proses dan Standar Penilaian Sesuai Kurikulum 2013 di SMA Negeri 3 Medan berdasarkan Standar Proses dan Standar Penilaian tergolong Sangat Tidak Siap.Kata kunci : standard proses, standard penilaian, kurikulum 2013

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

tgeo

Publisher

Subject

Astronomy Earth & Planetary Sciences Education Environmental Science Other

Description

The main focus of this journal is Geography Learning, Social and Human Geography, Regional Development, Geographic Information Systems, Remote Sensing, Disaster and Mitigation, Geology and Geomorphology, Oceanography and Coastal. This journal target is teachers, lecturers, graduates, and ...