Tunas Geografi
Vol 7, No 1 (2018): JURNAL TUNAS GEOGRAFI

ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU GEOGRAFI DI SMA SE-KECAMATAN HAMPARAN PERAK TAHUN AJARAN 2017/2018

Rahma Yulia (Unknown)
Rosni Rosni (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 May 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kompetensi Pedagogik Guru Geografi di SMA Se-Kecamatan Hamparan Perak Kabupaten Deli Serdang. Penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Hamparan Perak Kabupaten Deli Serdang Tahun 2017. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru geografi yang mengajar di SMA Se-Kecamatan Hamparan Perak dan sekaligus menjadi sampel (total sampel) yang berjumlah 7 orang guru. Adapaun Teknik Pengumpulan Data yang digunakan untuk mengukur kompetensi pedagogik guru geografi adalah dengan menggunakan teknik observasi dan dokumentasi dengan menggunakan Instrumen Penilaian Kinerja Guru (IPKG). Teknik analisis data yang digunakan yaitu Deskritif Kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik guru geografi dalam aspek perencanaan pembelajaran dengan menggunakan RPP termasuk dalam kategori Cukup (79,62) dan dilihat dari aspek pelaksanaan pembelajaran guru geografi masih termasuk dalam kategori Kurang (64,03). Dengan demikian, hasil penelitian yang diperoleh adalah bahwa Analisis Kompetensi Pedagogik Guru Geografi di SMA Se-Kecamatan Hamparan Perak Tahun Ajaran 2017/2018 dapat dikategorikan dalam kemampuan Cukup (71,82). Kata kunci: guru, kompetensi, pedagogik

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

tgeo

Publisher

Subject

Astronomy Earth & Planetary Sciences Education Environmental Science Other

Description

The main focus of this journal is Geography Learning, Social and Human Geography, Regional Development, Geographic Information Systems, Remote Sensing, Disaster and Mitigation, Geology and Geomorphology, Oceanography and Coastal. This journal target is teachers, lecturers, graduates, and ...