Ulumuna
Vol 15 No 1 (2011): Juni

Educational Technology on Teaching and Learning of Integrated Islamic Education in Brunei Darussalam

Ismail Suardi Wekke (State Islamic College (STAIN) Sorong, West Papua)
Maimun Aqsha Lubis (Universiti Kebangsaan Malaysia)



Article Info

Publish Date
27 Oct 2017

Abstract

Pemerintah Brunai Darussalam giat mengembangkan model pembelajaran dan administrasi pendidikan Islam dengan menjadikan teknologi sebagai fasilitator. Upaya itu didorong oleh prakarsa Sultan Brunai Darussalam, kepala negara sekaligus sultan negara itu. Makalah ini mengemukakan hasil penelitian tentang integrasi pendidikan Islam dan penggunaan teknologi komunikasi dan informasi. Integrasi tersebut memberikan manfaat dalam pengayaan materi dan memudahkan proses pembelajaran. Setelah delapan tahun berjalan, program itu mampu mendorong kepada peningkatan kemampuan siswa, penguasaan materi pelajaran yang lebih terarah, evaluasi yang berkualitas, dan perbaikan pengelolaan administrasi pendidikan. Penelitian ini menunjukkan bahwa teknologi informasi dapat bersinergi dengan pendidikan Islam sehingga pembelajaran menghasilkan kecerdasan bagi peserta didik.

Copyrights © 2011






Journal Info

Abbrev

ujis

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Education Social Sciences

Description

Ulumuna (P-ISSN: 1411-3457; E-ISSN: 2355-7648), a journal of Islamic studies published twice a year (June and December) by State Islamic University (UIN) of Mataram since 1997, publishes original (library or field) research articles in the field of Islamic studies. It promotes multidisciplinary ...