Jurnal Tinta: Jurnal Ilmu Keguruan dan Pendidikan
Vol. 1 No. 1 (2019): Jurnal Tinta

Peran Filsafat Terhadap Pendidikan Islam Untuk Pembinaan Etika Dalam Persepektif Islam

Mudhofar, Mudhofar (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Feb 2019

Abstract

Manusia dilahirkan dalam keadaan fitrah, perilaku serta kepribadian dan watak dari seorang individu dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain: keluarga, teman sebaya, lingkungan, pendidikan dan lain sebagainya. Dan faktor yang paling domina adalah pendidikan. Begitu pentingnya pendidikan dalam kehidupan masyarakat, sehingga ia merupakan nyawa bagi kehidupan bermasyarakat. Maka dari itu dalam penyelenggaraan pendidika seharusnya dirancang dnegan benar-benar matang sampai ke akarnya. Adapun rumusan masalah penulisan karya ilmiah ini adalah: (1) bagaimana peranan filsafat terhadap pendidikan islam, (2) bagaimana hubungan pendidikan dan etika, (3) bagaimana strategi guru untuk membina etika siswa. Sedangkan tujuannya adalah (1) untuk memahami peran filsafat dalam pendidikan Islam, 2) untuk memahami hubungan pendidikan dan etika dan, (3) untuk memahami strategi guru dalam membina etika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang memfokuskan pada studi kepustakaan (library research), dengan menggunakan pendekatan compare, summarize, synthesize. Dalam penelitian sumber data ada dua yaitu, sumber primer dan sumber sekunder. Sumber primernya adaalh buku-buku tentang filsafat pendidikan Islam, sedangkan sumber sekundernya adalah buku yang berhubungan dengan penulisan karya ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis filosofis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan merupakn rancangan dari filsafat, sedangkan filsafat tidak dapat dilakukan tanpa dibarengi dengn ilmu pengetahuan yang tinggi yang hanya didapatkan dari proses pendidikan. Sedagkan sebuah kemajuan ilmu pengetahuan akan mudah hancur jika telah menegsampingkan etika. Sedangkan tujuan utama dari sebuah pendidikan adalah untuk membentuk tingkah laku anak didik. Dasar pengambilan sumber hukum daalam perancangan adalah Al-Qur’an dan As-sunnah, sehingga etika yang diharapkan yaitu etika yang sesuai dengan Al-Qur’an dan As-sunnah. Dan guru berpengaruh pada pembinaan etika siswanya melalui bahan yang diajarkan.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jurnaltinta

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science

Description

This Journal covers the area of Teaching learning in Indonesia and the science of Teaching Learning at educational system in such areas of teaching science, teaching social knowledge, teaching language, teaching religion, teaching culture and teaching technology and publishes articles biannually in ...