cover
Contact Name
Hanif Maulaniam Sholah
Contact Email
hanif@alqolam.ac.id
Phone
+6285755597533
Journal Mail Official
hanif@alqolam.ac.id
Editorial Address
Raya Putat Lor Street Gondanglegi Malang
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Tinta: Jurnal Ilmu Keguruan dan Pendidikan
Published by Universitas Al-Qolam
ISSN : 26570416     EISSN : 2656505X     DOI : https://doi.org/10.35897/jurnaltinta.v1i1
This Journal covers the area of Teaching learning in Indonesia and the science of Teaching Learning at educational system in such areas of teaching science, teaching social knowledge, teaching language, teaching religion, teaching culture and teaching technology and publishes articles biannually in March and September. The focus of this journal cover on the following scope: theory of education, curriculum of education, history of education, management of education, psycology of education and antropology of education.
Articles 219 Documents
Konsep Guru dalam Membina Akhlak Santri Al-Munawwariyyah Sudimoro Kecamatan Bululawang Kabupaten Malang Ashar, Nurul
Jurnal Tinta Vol. 1 No. 1 (2019): Jurnal Tinta
Publisher : Institute Agama Islam Al-Qolam Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Judul skripsi ini diangkat dari sebuah latar belakang tentang konep guru dalam membina akhlak santri Al-Munawwariyah Sudimoro Bululawang Malang. Dalam membina akhlak santri ini diharapkan dapat menumbuhkan dan meningkatkan keimanannya yang diwujudkan dalam tingkah laku terpuji. Selain itu, santri juga diarahkan mencapai keseimbangan antara kemajuan lahiriah dan batiniah, keselarasan hubungan antara manusia dalam lingkup sosial masyarakat dan lingkungannya juga hubungan manusia dengan Tuhannya. Dengan begitu, pembinaan akhlak serta penerapannya akan melahirkan ketenangan dan ketentraman hidup baik di dunia maupun di akhirat. Atas dasar pemikiran di atas penelitian ini pada dasarnya dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui konep guru dalam membina akhlak santri Al- Munawwariyah Sudimoro Bululawang Malang, dan untuk mengetahui sejauh mana pembinaan akhlak santri Al-Munawwariyah Sudimoro Bululawang Malang. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan metode penelitian kualitatif, dengan analisa dari data yang dikumpulkan melalui metode observasi, interview dan dokumen, dalam pembahasannya penulis menggunakan teknik analisis data deskriptif. Kesimpulan yang ditarik dari hasil temuan penelitian adalah: 1. Konsep guru dalam membina akhlak santri Al-Munawwariyah Sudimoro Bululawang Malang dengan: a. perencanaan, b. pelaksanaan, c. evaluasi program. 2. Upaya-upaya yang dilakukan oleh guru dalam membina akhlak santri Al- Munawwariyah Sudimoro Bululawang Malang: a. memberi pelajaran atau nasehat, b. membiasakan akhlak baik, c. memberi teladan dan uswah
Konsep Pendidikan Anak dalam Islam Perspektif Muhammad Sa’id Murs’i dalam Kitab Fann Tarbiyah Al-Awlad Fil-Islam Anas, Muhammad
Jurnal Tinta Vol. 1 No. 1 (2019): Jurnal Tinta
Publisher : Institute Agama Islam Al-Qolam Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pendidikan Islam telah diyakini sebagai satu-satunya pendidikan yang mampu mencetak anak didik berbudi pekerti yang baik, bertakwa dan beriman kepada Allah SWT. Namun, dalam kenyataannya, kenyakinan tersebut seringkali tidak sesuai dengan fakta dan realita. Berpijak dari hal tersebut di atas, maka permasalahan yang ingin dijawab dalam penelitian ini adalah bagaimana konsep pemikiran Muhammad Sa’?d Murs? dalam mendidik anak secara islam. Penelitian ini adalah merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode riset kepustakaan (library research) yaitu menelusuri sumber-sumber kepustakan yang berkaitan dengan permasalahan yang diangkat dari sumber primer yaitu buku” Fann Tarbiyah al-Awl?d fi al-Isl?m”karya Muhammad Sa’?d Murs?, Penelitian menggunakan metode dokumentasi dengan content analysis yang merupakan analisis ilmiah tentang isi pesan guna mencari solusi suatu permasalahan, dengan tehnik analisis deskriptif serta menggunakan interpretasi data yaitu menyelami isi buku dan mengungkap pesan yang ingin disampaikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa salah satu keberhasilan dalam proses pembelajaran ditentukan oleh pertama landasan Theologi pendidikan anak, kedua memahami karakter anak agar pendidik bisa menyikapi prilaku anak yang kelihatanya menyimpang dengan tepat, ketiga penggunaan metode, metode berfungsi untuk mempermudah siswa memahami bahan pelajaran dalam rangka mencapai tujuan yang ingin dicapai, keempat adalah materi pendidikan, materi pendidikan menurut pandangan beliau adalah meliput: Aqidah, ibadah dan akhlak materi beliau diakhiri dengan pendidikan seks.
Problematik Guru Bahasa Indonesia Berkomunikasi secara Efektif, Empatik, dan Santun dengan Peserta Didik Yusuf, Yusron
Jurnal Tinta Vol. 1 No. 1 (2019): Jurnal Tinta
Publisher : Institute Agama Islam Al-Qolam Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Effective communication in learning is a process of transforming messages in the form of science and technology from educators to learners. Learners are able to understand the purpose of the message in accordance with the intended purpose. Thus, adding insight into science and technology and causing behavior change for the better. The teacher is the party most responsible for the ongoing effective communication in learning. A teacher as a teacher is required to have good communication skills in order to produce an effective learning process. Effective problematic communication, empathy, and politeness to learners include: 1) anxiety speaking in front of the class and 2) saying dirty to students. Solution of effective communication problems empathic, and courteous to learners include: 1) positive thinking and 2) improvement of teacher quality and professionalism.
Peran Filsafat Terhadap Pendidikan Islam Untuk Pembinaan Etika Dalam Persepektif Islam Mudhofar, Mudhofar
Jurnal Tinta Vol. 1 No. 1 (2019): Jurnal Tinta
Publisher : Institute Agama Islam Al-Qolam Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Manusia dilahirkan dalam keadaan fitrah, perilaku serta kepribadian dan watak dari seorang individu dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain: keluarga, teman sebaya, lingkungan, pendidikan dan lain sebagainya. Dan faktor yang paling domina adalah pendidikan. Begitu pentingnya pendidikan dalam kehidupan masyarakat, sehingga ia merupakan nyawa bagi kehidupan bermasyarakat. Maka dari itu dalam penyelenggaraan pendidika seharusnya dirancang dnegan benar-benar matang sampai ke akarnya. Adapun rumusan masalah penulisan karya ilmiah ini adalah: (1) bagaimana peranan filsafat terhadap pendidikan islam, (2) bagaimana hubungan pendidikan dan etika, (3) bagaimana strategi guru untuk membina etika siswa. Sedangkan tujuannya adalah (1) untuk memahami peran filsafat dalam pendidikan Islam, 2) untuk memahami hubungan pendidikan dan etika dan, (3) untuk memahami strategi guru dalam membina etika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang memfokuskan pada studi kepustakaan (library research), dengan menggunakan pendekatan compare, summarize, synthesize. Dalam penelitian sumber data ada dua yaitu, sumber primer dan sumber sekunder. Sumber primernya adaalh buku-buku tentang filsafat pendidikan Islam, sedangkan sumber sekundernya adalah buku yang berhubungan dengan penulisan karya ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis filosofis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan merupakn rancangan dari filsafat, sedangkan filsafat tidak dapat dilakukan tanpa dibarengi dengn ilmu pengetahuan yang tinggi yang hanya didapatkan dari proses pendidikan. Sedagkan sebuah kemajuan ilmu pengetahuan akan mudah hancur jika telah menegsampingkan etika. Sedangkan tujuan utama dari sebuah pendidikan adalah untuk membentuk tingkah laku anak didik. Dasar pengambilan sumber hukum daalam perancangan adalah Al-Qur’an dan As-sunnah, sehingga etika yang diharapkan yaitu etika yang sesuai dengan Al-Qur’an dan As-sunnah. Dan guru berpengaruh pada pembinaan etika siswanya melalui bahan yang diajarkan.
Selfie Gangguan Kepribadian Narsistik Puadi, hairul; Husni, Muhammad
Jurnal Tinta Vol. 1 No. 1 (2019): Jurnal Tinta
Publisher : Institute Agama Islam Al-Qolam Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kemajuan teknologi dapat mempengaruhi kehidupan manusia termasuk Selfie banyak mengundang perhatian dari berbagai pihak khususnya para psikolog. Selfie suatu bentuk aktualisasi diri yang manjadi kecenderungan kepribadian seseorang. Metode penelitian ini menggunkan pendekatan kuatitaif juga jenis penelitiannya adalah kuantitatif. Data dan sumber data diperoleh dari kegiatan wawancara dan observasi, dengan informan berupa siswa sekolah menengah pertama. Hasil penelitian, bahwa kecendrungan gangguan kepribadian narsistik berupa selfie dilakukan oleh siswa-siswi sekolah menengah pertama dalam kategori sedang, dan tinggi.
Improving Students Comprehension by Using Jigsaw Technique for the First Grade Students of SMA NU AL-Fudloli Ganjaran Gondanglegi Malang Abrori, Ahmad; Sholah, Hanif Maulaniam
Jurnal Tinta Vol. 1 No. 1 (2019): Jurnal Tinta
Publisher : Institute Agama Islam Al-Qolam Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35897/jurnaltinta.v1i1.157

Abstract

Reading comprehension is the ability to analyze and understand the text in some reading context. This ability is taught to generalize the ability and share information in the reading context. In this research, the researcher applied Jigsaw Technique to solve the problems that were faced by the students. This research was conducted in order to improve students’ reading comprehension in descriptive text through Jigsaw Technique in the first grade students of SMA NU AL-FUDLOLI Ganjaran Gondanglegi Malang 2017-2018. In conducting this research, the researcher used Classroom Action Research (CAR) as the method of research. The researcher conducted this research in two cycles. Each cycle consisted of three meetings. The researcher used Jigsaw Technique to make pleasant atmosphere during teaching and learning process of reading, and more importantly to improve the students’ reading comprehension especially on reading descriptive text. The subject of this research was the students of first grade students in SMA NU AL-FUDLOLI. The instruments to collect the data were interview, observation checklist, and reading test. The result of this research showed that by using Jigsaw Technique in teaching reading descriptive text, the researcher could improve the student’s reading comprehension especially descriptive text. Their responses showed that they were interested to learn reading subject because they felt easier to read using Jigsaw Technique. Based on the result of cycle 1 the average of their score is 67. The result of cycle 2, the average of their score is 76.
Dampak Akreditasi Terhadap Mutu PAUD di KB Al Amin Desa Sumber Bendo Kecamatan Bantur Kabupaten Malang Permata Sari , Ratih
Jurnal Tinta Vol. 1 No. 1 (2019): Jurnal Tinta
Publisher : Institute Agama Islam Al-Qolam Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Dampak Akreditasi Terhadap Mutu PAUD di KB Al Amin Desa Sumber Bendo Kecamatan Bantur Kabupaten Malang. Pendekatan penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode survei. Hasil peneliti meningkatnya pemberdayaan dan pengembangan kinerja warga sekolah dan meningkatkan kualitas sekolah untuk mendapatkan dukungan dan perhatian dari pemerintah, masyarakat maupun sektor swasta dalam hal moral, dana, tenaga dan profesionalisme.
Penerapan Metode Tilawati Dalam Pembelajaran AL-Qur’an Di TPQ Al Ishlah Majangtengah Dampit Malang Sugeng; Hanif Maulaniam Sholah
Jurnal Tinta Vol. 1 No. 2 (2019): Jurnal Tinta
Publisher : Institute Agama Islam Al-Qolam Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35897/jurnaltinta.v1i2.191

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan metode tilawati dalam pembelajaran Al-Qur’an di TPQ Al Ishlah Majangtengah Dampit Malang. Selain itu, juga bertujuan untuk mengetahui penerapan metode tilawati dalam pembelajaran Al-Qur’an di TPQ Al Ishlah Majangtengah Dampit Malang. Juga untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung penerapan metode tilawati dalam pembelajaran Al-Qur’an di TPQ Al Ishlah Majangtengah Dampit. Untuk mempermudah penelitian tentang Penerapan Metode Tilawati Dalam Pembelajaran Al-Qur’an di TPQ Al Ishlah Majangtengah Dampit Malang, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data yang dilakukan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa: Yang pertama, perencanaan dalam pembelajaran Al-Qur’an yaitu dengan memilih penerapan metode tilawati, menguasai teori, materi dan mempersiapkan perlengkapan mengajar. Kedua, Penerapan metode tilawati dilakukan dengan menggunakan teknik klasikal secara bersamaan antara guru dan peserta didik serta baca simak secara individual antara guru dan peserta didik, penerapan posisi tempat duduk berbentuk “U” untuk mempermudah mengontrol keadaan peserta didik saat pembelajaran berlangsung, dan yang terakhir adalah evaluasi atau munaqosyah untuk mengetahui seberapa kemampuan peserta didik dengan cara guru memberi penilaian saat kegiatan baca simak individual. Ketiga, yang menjadi faktor penghambat dan pendukung metode tilawati berasal dari peserta didik itu sendiri, pengajar atau guru dan juga lingkungan.
Lembaga Pendidikan Islam Dalam Telaah Lingkungan Strategik Muhamad Khoirul Umam
Jurnal Tinta Vol. 1 No. 2 (2019): Jurnal Tinta
Publisher : Institute Agama Islam Al-Qolam Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35897/jurnaltinta.v1i2.196

Abstract

Lingkungan lembaga pendidikan pada dekade terakhir ini dihadapkan pada berbagai perubahan, gejolak dan kemajuan yang sering kali sulit diprediksi baik karena pergolakan maupun karena ketidakpastian yang dialami, untuk itu diperlukan antisipasi dini terhadap perubahan lingkungan. Tujuan penelititan ini menganilisis bagaimana menghadapi perubahan dan ketidakpastian lingkungan lembaga pendidikan mau tidak mau (inevitable) harus melakukan tiga hal sebagai berikut: 1) Berfikir strategis yang tidak pernah dilakukan sebelumnya, 2) Menerjemahkan inputnya untuk strategi yang efektif guna menanggulangi lingkungannya yang telah berubah, 3) Mengembangkan alasan yang diperlukan untuk meletakan landasan bagi pemakaian dan pelaksanaan strateginya. Sehingga memunculkan pertanyaan penelitian bagaimana pengenalan lingkungan strategik, telaah lingkungan strategik, tujuan dan peran telaah lingkungan strategik, model analisis lingkungan strategik di wilayah pendidikan Islam. Hasil penelitian ini menejelaskan Analisa TOWS Matrix lebih memastikan kita dapat memperhitungkan dan memanfaatkan dengan baik setiap peluang di luar untuk peningkatan bisnis. Di saat bersamaan kita juga dapat mengetahui dan memanfaatkan potensi internal. Dengan menganalisa eksternal tersebut (TOWS Matrix) kita juga mampu mengantisipasi tantangan dari setiap perubahan eksternal, bahkan mengubahnya (tantangan) menjadi peluang baru
Model Transformasi Pendidikan Pesantren; Dari Relegiusitas Lokal Menuju Idealitas Global (Telaah Pengembangan Kurikulum di Pondok Pesantren Annuqayah Sumenep Madura) Ach. Rofiq
Jurnal Tinta Vol. 1 No. 2 (2019): Jurnal Tinta
Publisher : Institute Agama Islam Al-Qolam Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35897/jurnaltinta.v1i2.198

Abstract

Perkembangan pendidikan Islam akhir-akhir ini menjadi sesuatu yang niscaya sebagai bentuk strategi sustainabilitas di tengah tuntutan situasi global yang terus berkembang, termasuk pendidikan pondok pesantren sebagai basis pendidikan masyarakat pedesaan. Pesantren secara tidak langsung tertuntut ikut merespon perkembangan tersebut dalam bentuk terus mengupayakan perubahan sistemik dan manajerial, terutama dalam hal manajemen kurikulumnya. Pondok Pesantren Annuqayah Guluk-Guluk Sumenep Madura merupakan salah satu pondok pesantren yang responsif dan partisipatif terhadap perkembangan global. termasuk pengembangan kurikulum sebagai instrument vital (core instrument) sustainabilitas dan progresefitasnya di era yang terus berkembang. Artikel ini merupakan hasil penelitian lapangan (field research) tentang bagaimana proses transformasi pendidikan yang dilakukan di Pondok Pesantren Annuqayah, khususnya dalam aspek kurikulum, dengan pendekatan kualitatif perspektif manajemen pengembangan kurikulum Hilda Taba, dengan teknik analisis Analisis Eksploratif. Dari penelitian tersebut dapat ditemukan bahwa model pengembangan kurikulum di Pondok Pesantren Annuqayah Guluk-Guluk Sumenep Madura di dalakukan dengan cara identifikasi pengembangannya, yaitu prinsip fleksibilitas, kontinuitas, dan prinsip efisiensi, dengan model pengembangan struktur kurikulum, yaitu pemisahan kurikulum agama sebagai kurikulum lokal (separated curriculum), menyatukan materi pelajaran yang berkaitan satu sama lain (broad field curriculum), dan mensistematisasikan materi-materi yang berbeda dan memiliki keterkaitan (integrated curriculum) dengan tetap berbasis pada nilai-nilai pesantren, sehingga dengan model pengembangan ini, santri PP. Annuqayah bisa menjadi sosok yang memiliki kompentensi global dengan tetap berlandaskan pada nilai-nilai lokal pesantren.

Page 1 of 22 | Total Record : 219