Teknologi dan Kejuruan: Jurnal teknologi, Kejuruan dan Pengajarannya
Vol 40, No 1: Februari 2017

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR K3 DAN HIGIENE SANITASI BERBASIS PBL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMK

Dian Prayogi (Universitas Negeri Malang)
Dwi Agus Sudjimat (universitas negeri malang)
Rina Rifqie Mariana (universitas negeri malang)



Article Info

Publish Date
13 Feb 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan sebuah bahan ajar dalam bentuk buku ajar untuk mata pelajaran K3 dan Higiene Sanitasi yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Model pengembangan yang digunakan didasarkan pada tahap-tahap penelitian pengembangan Sukmadinata. Hasil data dianalisis dengan menggunakan program SPSS Ver.17 for Windows. Hasil pengembangan menunjukkan bahwa secara keseluruhan penilaian tentang kelengkapan penyajian terhadap buku ajar hasil pengembangan berada pada kualifikasi Baik. Hasil uji coba produk menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar secara signifikan yang ditunjukkan dengan adanya kenaikan nilai hasil belajar siswa. Hal tersebut menunjukkan bahwa bahan ajar pengembangan layak untuk digunakan dalam pembelajaran.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

teknologi-kejuruan

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

The Teknologi dan Kejuruan: Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya publishes manuscripts in a wide variety of research areas in the field of engineering education. This journal published articles containing conceptual ideas, literature review, application of the theory, and book review ...