Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 3 No. 1 (2021): JPDK

Pendidikan Alquran (TPQ) Sebagai Upaya Membentuk Karakter Pada Anak

Rosyida Nurul Anwar (Universitas PGRI Madiun)



Article Info

Publish Date
02 Feb 2021

Abstract

Pendidikan dipandang sebagai proses belajar sepanjang hayat manusia. Fungsi pendidikan nasional untuk membentuk watak peradaban bangsa yang bermartabat dan mengembangkan kemampuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Taman Pendidikan Al Quran (TPQ) Anwarul Qulub merupakan lembaga non formal yang menyelenggarakan pendidikan al Quran dalam upaya pembentukan karakter di lingkungan Sidorejo Desa Sidomulyo Kecamatan Sawahan Kabupaten Madiun. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan program pendidikan TPQ Anwarul Qulub dalam rangka penanaman pendidikan karakter anak di lingkungan Sidorejo, hambatan dalam pelaksanaan program TPQ Anwarul Qulub dan cara mengatasi berbagai hambatan yang ada selama pelaksanaan program pendidikan tersebut. Penelitian ini menggunakan jenis kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa program dilaksanakan dalam upaya pendidikan karakter melalui pengajaran bacaan Al Quran secara mendalam, penghafalan surat-surat juz amma, penafsiran ayat Al Quran, hadist dan kata-kata mutiara berbahasa arab (Mahfuzhat). Hambatan dalam pelaksanaan yakni banyaknya jumlah peserta didik dan keterbatasan guru yang mengajar. Cara mengatasi hambatan membiarkan anak belajar sambil bermain namun tetap pada pengawasan dan pembimbingan guru. Pendidikan Al Quran memiliki peranan penting dalam membentuk karakter santri melalui pembimbingan, melatih secara terus menerus dan menasehati dalam membentuk karakter religius, mandiri, serta komunikatif pada anak usia dini.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...