Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISA Kuningan
Vol. 2 No. 1 (2021): Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISA Kuningan

Penerapan Metode Pembelajaran Think Talk Write untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Pencemaran Lingkungan

Saefudin, Aep (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Oct 2020

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemahaman konsep siswa masih rendah, hal ini ditunjukkan dengan siswa mengalami kesulitan dan menyatakan ulang suatu konsep yang diajarkan, kurang terampil dalam menyajikan konsep dalam bentuk presentasi, siswa mengalami kesulitan dan mengklasifikasikan objek dan memberikan contoh berkaitan dengan konsep yang diajarkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran think talk write untuk meningkatkan pemahaman konsep pada materi pencemaran lingkungan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain quasy eksperimen dengan pre-post test control group. Populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Cigugur Kabupaten Kuningan yang berjumlah 3 kelas dengan siswa berjumlah 60 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan cluster random sampling di dapat siswa kelas VII. A yang berjumlah 20 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII. C yang berjumlah 20 sebagai kelas kontrol. Teknik pengolahan data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, danĀ  uji hipotesis (uji t). Berdasarkan perhitungan uji hipotesis diperoleh t hit (9,093) > t daf (1,67), maka terima Hi artinya bahwa terdapat peningkataan pemahaman konsep siswa melalui penerapan metode pembelajaran think talk write pada materi pencemaran lingkungan di kelas VII SMP Negeri 2 Cigugur Kabupaten Kuningan. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran think talk write dapat meningkatkan pemahaman siswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jfkip

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISA KUNINGAN [p-ISSN 2746-7740 | E-ISSN 2746-2196] adalah jurnal yang diterbitkan oleh Universitas Islam Al-Ihya Kuningan. Jurnal Fakultas Ilmu Keguruan & Ilmu Pendidikan UNISA KUNINGAN akan menerbitkan artikel ilmiah dalam lingkup ilmu Keguruan & ...