cover
Contact Name
-
Contact Email
fakultas.kipunisa@gmail.com
Phone
+6285795639166
Journal Mail Official
fakultas.kipunisa@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. kuningan,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISA Kuningan
ISSN : 27467740     EISSN : 27462196     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISA KUNINGAN [p-ISSN 2746-7740 | E-ISSN 2746-2196] adalah jurnal yang diterbitkan oleh Universitas Islam Al-Ihya Kuningan. Jurnal Fakultas Ilmu Keguruan & Ilmu Pendidikan UNISA KUNINGAN akan menerbitkan artikel ilmiah dalam lingkup ilmu Keguruan & Ilmu Pendidikan. Artikel yang diterbitkan adalah artikel dari penelitian, studi atau studi ilmiah kritis dan komprehensif tentang isu-isu penting dan terkini atau ulasan buku-buku ilmiah.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 84 Documents
Model Pembelajaran Kooperatif Tiperole Playing Dalamaktivitas Belajar Siswa Aan Pathiyah
Jurnal Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan Kuningan Vol. 1 No. 1 (2020): Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISA Kuningan
Publisher : Universitas Islam Al-Ihya Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe role playing terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPA yang dioperasionalkan dengan aktivitas belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe role playing lebih baik dari pada menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Metode studi eksperimen dengan desain penelitian berbentuk Quasi Experimental Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Jamberama. Dari hasil pengolahan analisis data dan pengujian hipotesis menggunakan software SPSS = 5 % Versi.21 dengan taraf nyata pengujian diperoleh nilai signifikansi 0,001<0,005 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Rata-rata hasil lembar observasi aktivitas belajar siswa pada kelas eksperimen adalah 88,24% dan pada kelas kontrol adalah 72,81%. Teknik analisis data menggunakan uji perbedaan dua rata-rata (Uji T). Berdasarkan pemaparaan di atas, metode pembelajaran demonstrasi dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif bagi guru dalam memilih model pembelajaran.
Pengaruh Kekuatan Otot Tungkai Dan Kecepatan Dribble Lurus Terhadap Hasil Jumpshoot Ekstrakulikuler Permainan Bola Tangan Anggi Anggara; Rahmat, Rahmat
Jurnal Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan Kuningan Vol. 1 No. 1 (2020): Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISA Kuningan
Publisher : Universitas Islam Al-Ihya Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian analisis ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang adanya pengaruh kekuatan otot tungkai dan kecepatan dribble lurus terhadap hasil jumpshoot permainan bola tangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, metode survei dengan teknik pengukuran dan tes.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa putra ekstrakulikuler permianan bola tangan MTs Swasta Madinatul Huda Pagundan sebanyak 30 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik totalsampling. Berdasarkan uji hipotesis, penelitian ini menunjukan bahwa nilai thitung kekuatan otot tungkai terhadap hasil jumpshoot sebesar 0,903 dengan taraf signifikansi 0,05, diperoleh ttabel 2,051, thitung 0,903<ttabel 2,051, ini berarti tidak terdapat pengaruh positif kekuatan otot tungkai terhadap hasil jumpshoot siswa putra ekstrakulikuler permaianan bola tangan MTs Swasta Madinatul Huda Pagundan. Hasil nilai thitung kecepatan dribble lurus terhadap hasil jumpshoot sebesar -0,085 dengan taraf signifikansi 0,05, diperoleh ttabel 2,051, thitung -0,085<ttabel 2,051, ini berarti tidak terdapat pengaruh positif kecepatan dribble lurus terhadap hasil jumpshoot siswa putra ekstrakulikuler permaianan bola tangan MTs Swasta Madinatul Huda Pagundan. Hasil pengujian Uji F menunjukan bahwa nilai fhitung sebesar 0,409 dengan taraf signifikansi 0,05, diperoleh ftabel 3,34, fhitung 0,409<ftabel 3,34, dapat disimpulkan tidak berpengaruh secara bersama-sama kekuatan otot tungkai dan kecepatan dribble lurus terhadap hasil jumpshoot siswa putra ekstrakulikuler permaianan bola tangan MTs Swasta Madinatul Huda Pagundan.
Model Manajemen Pengelolaan Pusat Olahraga Dan Rekreasi Melalui Pengembangan Sumber Daya Manusia Berbasis Pengetahuan (Knowledge Based Worker) Dudi Komaludin
Jurnal Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan Kuningan Vol. 1 No. 1 (2020): Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISA Kuningan
Publisher : Universitas Islam Al-Ihya Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan meneliti inovasi manajemen melalui pengembangan sumber daya manusia berbasis pengetahuan pada pusat olahraga dan rekreasi di Kota Bandung. Model ini merujuk pada model Schuler dan Jackson tentang pengembangan SDM berbasis pengetahuan (knowledge based worker). Sumber daya manusia dalam sebuah perusahaan hendaknya dikembangkan melalui keterlibatan SDM dalam proses pelatihan, kewajiban belajar, pelatihan untuk mengembangkan keterampilan yang dapat digunakan dalam berbagai posisi modern, jalur karier yang luas, pengembangan kompetensi, penilaian kinerja, kompetensi, serta komunikasi dalam pemberian umpan balik dalam pelaksanaan pekerjaan. Pengembangan SDM berbasis pengetahuan merupakan persyaratan mutlak untuk mencapai kesuksesan pengelolaan dalam meraih keunggulan kompetitif berkelanjutan.Hal ini menunjukkan bahwa proffesional intellect berperan penting dalam menciptakan nilai dan keuntungan bagi pusat olahraga dan rekreasi untuk memenangkan persaingan bisnis. Proffesional intellect suatu perusahaan dilaksanakan dalam empat level yaitu pengetahuan kognitif (proffesional intellect), peningkatan keterampilan (advanced skill), pemahaman sistem (system understanding), dan kreativitas yang dimotivasi diri sendiri (self motivated creativity).
Study Fenomenologi: Tindakan Amoral Saksi Dan Korban Bullying Pada Remaja Awal Di Sekolah Berbasis Islam Terpadu Ika Candra Destiyanti
Jurnal Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan Kuningan Vol. 1 No. 1 (2020): Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISA Kuningan
Publisher : Universitas Islam Al-Ihya Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini akan membahas bagaimana tindakan Bullying di sekolah islam terpadu mempengaruhi moral anak untuk melakukan tindakan bully ke teman lainnya. Pentingnya mengkaji Bullying di sekolah islam terpadu karena mengingat sekolah yang mencetak generasi islami dan memiliki moral yang religius memiliki kecenderungan melakukan tindakan amoral. Metode penelitian menggunakan penelitian ini menggunakan metode fenomenalogi yakni mengungkap makna konsep atau fenomena pengalaman yang didasari oleh kesadaran yang terjadi pada beberapa individu.Hasil Penelitian penyebab terjadinya bullying dibagi 3 kelompok yakni : Sosial Media, Pergaulan dan perselisihan. Sosial Media memiliki pengaruh terbesar penyebab terjadinya bullying di kalangan remaja awal. Dari hasil wawancara dan observasi beberapa orangtua yang memiliki kasus bullying dari pengaruh sosial media mereka melakukan pencegahan dengan menambah perhatian kepada remaja awal di rumah melalui banyak berkomunikasi dan melakukan hobi bersama memiliki tingkatan lebih tinggi di bandingkan menyerahkan anak-anaknya kesekolah melalui ekstrakulikuler. Hal ini dikarenakan karena keinginan anak- anaknnya mendapat perhatian dari orangtua lebih diperlukan dibandingkan menambah jam disekolah untuk bersosialisasi dengan teman temannya. Family Time adalah upaya terbaik yang dapat dilakukan orangtua untuk mencegah bullying remaja awal melalui sosial media. Melalui family time terjadi komunikasi aktif antara orangtua dan anak sehingga permasalahan yang terjadi dapat di atasi dengan baik. Sedangkan dukungan masyarakat melalui berorganisasi memiliki presentase yang tinggi dibawah dukungan keluarga melalui family time hal ini mendorong banyak pihak untuk dapat berkontribusi memerangi bullying baik melalui sosial media maupun di dunia nyata.
The Effectiveness Of Edmodo Application In Teaching Writing Of Procedure Text Munawwaroh, Mina Siti Najmiyyatul; Rika Septiani
Jurnal Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan Kuningan Vol. 1 No. 1 (2020): Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISA Kuningan
Publisher : Universitas Islam Al-Ihya Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Along with the development of the world of technology and information, learning activities are also required to change. Learning by using the internet is known as e-learning. Many applications that can be used by teachers in teaching process isEdmodo. The purpose of this study is to determine the extend to which Edmodo can improve student learning outcomes in writing text procedures and want to know what factors influence it. This study used quantitative techniques with an experimental design. The research sample consisted of 40 people who were divided into two classes (control and experiment). Data collection techniques used were questionnaires, tests and observations.The results obtained were as follows: First, the students 'scores after they were taught using the Edmodo Application were higher than before they were taught, so that means that the procedure of writing texts using the Edmodo Application is effective in improving students' writing skills. Researchers used statistical tests. From the table in SPSS 20 the computation showed the significance value (2-tailed) of this case the sample is 0.012 (p <0.05). So the results of the initial test and final test underwent significant changed. Second, there were three factors that influence why the Edmodo application can improve students' writing skills in procedure texts such as the Edmodo Application is Easy to use, Students and Teachers can enjoy in the teaching and learning process.
Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Setiana
Jurnal Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan Kuningan Vol. 1 No. 1 (2020): Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISA Kuningan
Publisher : Universitas Islam Al-Ihya Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Latar belakang penelitian ini muncul dari rasa penasaran penulis yang melihat bahwa prestasi belajar matematika siswa di SMA ITUS Jalaksana termasuk dalam kategori rendah sehingga penulis tertarik untuk melakukan penelitian ini dan guna mengetahui pengaruh gaya belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa di SMA ITUS Jalaksana. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) Menemukan pola hubungan dan pengaruh gaya belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa, dan (2) Membuktikan pola hubungan dan pengaruh gaya belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa di SMA ITUS Jalaksana. Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa yaitu bahan atau materi yang dipelajari, lingkungan, faktor instrumental dan kondisi peserta didik. Dalam penelitian ini, faktor yang diteliti adalah faktor lingkungan (stres sekolah) dan kondisi peserta didik (gaya belajar dan konsep diri). Dengan pengelolan lingkungan (stres sekolah) dan kondisi peserta didik (gaya belajar dan konsep diri) yang baik dapat meningkatkan prestasi belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan pengumpulan data melalui angket/kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi pearson product moment, determinasi, dan korelasi ganda. Selanjutnya data yang telah terkumpul diolah kemudian ditafsirkan, dianalisis, dan dideskripsikan sesuai dengan masalah dan tujuan penelitian. Berdasarkan pembahasan dalam penelitian ini, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh gaya belajar dengan prestasi belajar matematika siswa secara signifikan dan pola hubungan searah sebesar 0,330 termasuk kategori cukup kuat.
Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Ii dengan Penilaian Kinerja Siswa Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dan Sikap Siswa Fikri Ulul Albab
Jurnal Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan Kuningan Vol. 2 No. 1 (2021): Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISA Kuningan
Publisher : Universitas Islam Al-Ihya Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh keaktifan siswa dan penilaian kinerja siswa pada saat pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw II dengan penilaian kinerja terhadap kemampuan penalaran matematis siswa (2) mengetahui pengaruh sikap siswa dan penilaian kinerja siswa pada saat pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw II dengan penilaian kinerja terhadap kemampuan penalaran matematis siswa (3) mengetahui pengaruh keaktifan siswa dan sikap siswa pada saat pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw II dengan penilaian kinerja terhadap kemampuan penalaran matematis siswa (4) mengetahui efektivitas pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw II dengan penilaian kinerja terhadap kemampuan penalaran matematis siswa (5) mengetahui aktivitas siswa pada saat pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw II dengan penilaian kinerja terhadap kemampuan penalaran matematis siswa (6) mengetahui sikap siswa pada saat pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw II dengan penilaian kinerja terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. Metode penelitian ini adalah penelitian kuasi percobaan dengan populasi siswa kelas VIII SMP N 16 Cirebon dan sampel penelitian adalah kelas VIII C dan kelas VIII B. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa, keterampilan proses serta sikap siswa berhasil mencapai tujuan terhadap kemampuan penalaran matematis siswa dan siswa yang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw II dengan penilaian kinerja efektif terhadap kemampuan penalaran matematis siswa.
Pengaruh Latihan Skipping terhadap Hasil Loncatan Siswa Putra pada Peserta Ekstrakurikuler Permainan Bola Voli Deny Solehudin
Jurnal Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan Kuningan Vol. 2 No. 1 (2021): Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISA Kuningan
Publisher : Universitas Islam Al-Ihya Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil loncatan melalu tes vertical jump menunjukkan hasil loncatan siswa masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh latihan skipping terhadap hasil loncatan siswa putra pada peserta ekstrakurikuler permainan bola voli di SD Negeri 1 Awirarangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa putra pada peserta ekstrakurikuler permainan bola voli di SD Negeri 1 Awirarangan yang berjumlah 38 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah total sampling sehingga sampel yang digunakan adalah siswa putra pada peserta ekstrakurikuler permainan bola voli di SD Negeri 1 Awirarangan yang berjumlah 38 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis berupa pilihan ganda. Teknik pengolahan data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas ddan uji hipotesis (uji z). Berdasarkan perhitungan secara statistik diperoleh Z Hit (5,458) > Z daf (2,38) maka Hi yang diterima artinya terdapat pengaruh latihan skipping terhadap hasil loncatan siswa putra pada peserta ekstrakurikuler permainan bola voli di SD Negeri 1 Awirarangan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh latihan skipping terhadap hasil loncatan siswa putra pada peserta ekstrakurikuler permainan bola voli di SD Negeri 1 Awirarangan.
Hubungan Persepsi Orang Tua Tentang Kelompok Bermain terhadap Motivasi untuk Menyekolahkan Anak Di PAUD Darmayanti
Jurnal Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan Kuningan Vol. 2 No. 1 (2021): Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISA Kuningan
Publisher : Universitas Islam Al-Ihya Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat hubungan persepsi orang tua tentang kelompok bermain terhadap motivasi untuk menyekolahkan anak di Kecamatan Ciwaru Kabupaten Kuningan. Jenis penelitian ini adalah korelasional dengan pendekatan kuantitatif . Berdasarkan analisis data, diperoleh koefisien korelasi antara persepsi orang tua tentang kelompok bermain terhadap motivasi untuk menyekolahkan anak sebesar 0,879 dan koefisien determinasinya sebesar 0,773. Hasilnya diperoleh persepsi orang tua tentang kelompok bermain sebesar 87,9% terhadap motivasi untuk menyekolahkan anak signifikan pada taraf 5%. Dapat disimpulkan bahwa persepsi orang tua tentang kelompok bermain mempunyai hubungan yang signifikan terhadap motivasi untuk menyekolahkan anak di Kecamatan Ciwaru Kabupaten Kuningan sebesar 87,9%
Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Madrasah dan Kinerja Pengawas terhadap Peningkatan Profesionalisme Guru Penjas Rahmat
Jurnal Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan Kuningan Vol. 2 No. 1 (2021): Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISA Kuningan
Publisher : Universitas Islam Al-Ihya Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan pelaksanaan prasurvai yang dilakukan di lokasi penelitian dan kondisi pembinaan kemampuan guru penjas yang belum optimal antara lain; (1) Kepala Madrasah dan Pengawas belum mampu menyusun program pembinaan yang baik, terutama program pembinanan kemampuan yang memprioritaskan kebutuhan dan kepentingan mendesak dari kalangan guru penjas, (2) Masih terdapat “mismatch” antara kebutuhan pembinaan/supervisi kemampuan profesional guru penjas yang dituangkan dalam program kerja Kepala Madrasah dengan kebutuhan supervisi/pembinaan pengawas, dan (3) Frekuensi pelaksanaan pembinaan kemampuan profesional yang dilakukan Pengawas sangat terbatas, dan selalu dalam bentuk pertemuan kelompok. Kondisi ini kurang memungkinkan adanya pembinaan kemampuan memecahkan permasalahan yang dirasakan guru penjas yang umumnya beraneka ragam.Dalam penelitian ini yang menjadi objek penelitian adalah Supervisi Akademik Kepala Sekolah (X1) dan Kinerja Pengawas (X2) dan Profesionalisme Guru Penjas(Y), Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitaif adapun metode yang digunakan adalah metode penelitian dekriptif. Populasi dalam penelitian adalah guru penjas di Madrasah Ibtidaiyah Kabupaten Kuningan yang berjumlah 85 orang, Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah total sampling, dimana penulis menetapkan populasi sebagai sampel penelitian sehingga sampel yang didapat adalah guru penjas di Madrasah Ibtidaiyah Kabupaten Kuningan yang berjumlah 85 orang.Dalam pengujian secara simultan tingkat pengaruh variabel independen (supervisi akademik kepala madrasah dan kinerja pengawas) terhadap variabel profesionalisme guru penjas adalah sebesar 67,6% sedangkan sisanya 32,4% dipengaruhi oleh faktor lain yang berasal dari luar variabel yang diteliti.Apabila dilihat dari tingkat signifikansinya, variabel independen (supervisi akademik kepala madrasah dan kinerja pengawas) secara simultan mempunyai pengaruh terhadap profesionalisme guru penjas. Hal ini dibuktikan dengan Fhitung> Ftabel, yaitu 13,538>1,79 dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak artinya terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan dari variabel independen terhadap variabel dependen atau dapat dikatakan bahwa supervisi akademik Kepala Madrasah dan kinerja pengawas berpengaruh positif terhadap peningkatan profesionalisme guru penjas di Madrasah Ibtidaiyah Kabupaten Kuningan