Jurnal Al-Taujih : Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami
Vol 4, No 2 (2018): Juli-Desember 2018

DAMPAK PLAY STATION TERHADAP PERILAKU AGRESIF PESERTA DIDIK DAN UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGATASINYA DI SMP N 10 PADANG

Hidayat, Rahmat (Unknown)
Anidar, Jum (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2018

Abstract

Permasalahan dalam penelitian adalah banyak peserta didik yang hobi bermain play station, dengan hobinya tersebut banyak dampak negatif yang ditimbulkannya. Peserta didik banyak  berperilaku yang tidak ada kelembutan bahkan telah melakukan kekerasan. Ketika di luar kelas ada peserta didik yang berkelahi dengan temannya sampai melukai. Jenis penelitian adalah menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang menggambarkan fakta dan realita secara aktual dan akurat mengenai keadaan di lapangan. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi dan  wawancara. Hasil penelitian bahwa jenis game yang sering dimainkan oleh peserta didik antara lain sepak bola, naruto dan smack down. Bentuk perilaku  agresif yang ditimbulkan play station menyakiti atau merusak diri sendiri dan orang lain. Dampak play station terhadap perilaku agresif peserta didik adalah banyak peserta didik yang memiliki perilaku agresif sesudah main play tation. Sedangkan upaya guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi peserta didik yang memiliki kecanduan play station dan perilaku agresif adalah memanggil ke ruangan BK untuk konseling individual.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

attaujih

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences Other

Description

Jurnal AL-TAUJIH adalah jurnal pengembangan kajian keilimuan bimbingan dan konseling Islam, kajian pendidikan konseling, dan berbagai kajian bimbingan konseling dalam berbagai pendekatan yang diterbitkan oleh salah satu Program Studi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang. Sebagai ...