Annual Conference on Islamic Early Childhood Education
Vol 2 (2017): Annual Conference on Islamic Early Childhood Education

Pemanfaatan Asesmen Otentik untuk Menilai Karakter Peserta Didik melalui Pembelajaran Alquran pada Lembaga Pendidikan Islam Anak Usia Dini di TK/RA

Faizah, Umi (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Sep 2020

Abstract

Kajian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan mendeskripsikan pemanfaatan asesmen otentikuntuk menilai karakter peserta didik pada Lembaga Pendidikan Islam Anak Usia Dini BerbasisAlquran. Diawali pada kegiatan prapenelitian, ditemukan bahwa selama ini pembelajaranAlquran pada lembaga pendidikan islam anak usia dini memiliki beberapa fungsi. Salah satufungsinya adalah untuk pembentukan karakter peserta didik. Namun pada kenyataannya, dalampelaksanaan pembelajaran alquran, perkembangan pencapaian karakter peserta didik tidakdapat terdeteksi dengan baik. Hal ini disebabkan karena belum adanya pemanfaatan asesmenotentik dalam pembelajaran alquran. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian terkaitpemanfaatan asesmen otentik tersebut. Kajian ini berasal dari studi literature dan pemikirankritis penulis. Temuan dalam studi ini adalah 1) model asesmen otentik dapat digunakan untukmenilai karakter peserta didik di Lembaga Pendidikan di TK/RA. Hal ini karena instrumen yangdigunakan telah memenuhi kualitas valid dan reliabel, meskipun demikian selama ini belumbanyak diterapkan di Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini terutama terkait denganpembelajaran alquran sebagai pembentukan karakter peserta didik; 2) asesmen otentik terbuktidapat menilai perkembangan pencapaian karakter peserta didik dalam pembelajaran alquransecara akurat dan efektif untuk mengetahui mencapaian kompetensi spiritual, personal dansosial peserta didik. Keberhasilan dalam penelitian ini, diharapkan dapat menjadi pendorongbagi pihak-pihak terkait untuk memanfaatkan model asesmen otentik yang sudah dihasilkandari penelitian ini.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

aciece

Publisher

Subject

Education Neuroscience

Description

Annual Conference on Islamic Early Childhood Education (ICIECE) merupakan konferensi yang diadakan secara rutin setiap tahun oleh Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Tema yang dikaji dalam konferensi ini adalah tema-tema ...