Annual Conference on Islamic Early Childhood Education
Vol 3 (2018): Annual Conference on Islamic Early Childhood Education

Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Berkisah

Zubaedah, Siti (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Sep 2020

Abstract

Bahasa merupakan alat sosialisasi untuk merespon orang lain. Kemampuan bahasa anak usiadini, harus menjadi perhatian penting bagi para orang tua, khususnya juga para penggiatpendidikan anak usia dini. Tulisan ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan berbahasaanak usia dini melalui berkisah/dongeng. Seorang anak mengekspresikan bahasa denganberbagai cara. Menyimak dan membaca merupakan keterampilan bahasa reseptif, karena padaproses ini bahasa didapatkan melalui proses simbol visual dan juga verbal. Berbicara danmenulis merupakan kemampuan bahasa eksresif. Hal ini merupakan proses pemindahan artiyang melibatkan simbol visual dan juga verbal yang didapatkan lalu diekspresikan oleh anak. Inimenunjukkan bahwa anak sedang menyusun dan mengonsepkan arti dari suatu bahasa.Dongeng yang dapat menarik perhatian anak akan dengan mudah diserap oleh sensor memoriuntuk kemudian diteruskan ke memori jangka pendek dan akhirnya ke dalam memori jangkapanjang. Seperti penggunaan media ketika mendongeng dapat membuat anak tertarik untukmemperhatikan pendongeng ketika bercerita, karena terdapat benda-benda menarik perhatiananak dengan bentuk dan warna yang membuat anak tertarik untuk memperhatikanpendongeng

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

aciece

Publisher

Subject

Education Neuroscience

Description

Annual Conference on Islamic Early Childhood Education (ICIECE) merupakan konferensi yang diadakan secara rutin setiap tahun oleh Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Tema yang dikaji dalam konferensi ini adalah tema-tema ...