Penelitian ini dilatarbelakangi dari ketertarikan terhadap Pendidikan Inklusif untuk Anak ADHD (Attetention Defic Hyperactifity Disorder). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Pendidikan Inklusif untuk Anak ADHD (Attetention Defic Hyperactifity Disorder) di TK Masyithoh nDasari Budi II Bantul. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini penerapan Pendidikan Inklusif untuk Anak ADHD (Attetention Defic Hyperactifity Disorder) di TK Masyithoh nDasari Budi II Bantul dengan memberikanlayanan deteksi dini yang dilakukan oleh pendidik pada saat calon anak didik mulai masuk sekolah. Antara orang tua dengan pendidik mengkomunikasikan mengenai anak ADHD tersebut mengenai pendidikan inklusi yang akan di terapkan di TK Masyithoh nDasari Budi II Bantu. Model pendidikan inklusif penuh (full Incussions) diterapkan di TK Masyithoh nDasari Budi II Bantul. Model ini menyertakan peserta didik berkebutuhan khusus untuk menerimma pelajaran individu dalam kelas regular. Jadi anak ADHD menikuti pembelajaran bersama dengan anakanak didik yang lainnya. Tetapi ada anak ADHD yang perlu pendampingan khusus dengan adanya guru pendamping khusus karena anak ADHD tersebut mengalami keterlambatan dibanding dengan anak ADHD yang tidak memerlukan guru pendamping khusus
Copyrights © 2019