Eksos
Vol 14 No 1 (2018): Eksos

Penggunaan Metode Pembelajaran Cooperative Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Mahasiswa

Ul Qadri (Politeknik Negeri Pontianak)
Riska Wahyuni (Unknown)
Lilis Listiyawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 May 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hambatan yang dihadapi oleh mahasiswa Jurusan Administrasi Bisnis dalam menguasai kerampilan berbicara dalam bahasa Inggris (Speaking), mendiskripsikan penggunaan metode pembelajaran Cooperative Learning dan strategi yang dinggap menarik dan paling membantu mahasiswa jurusan Administrasi Bisnis dalam meningkatkan keterampilan Speaking mereka. Penelitian ini dilakukan di Politeknik Negeri Pontianak, Jurusan Administrasi Bisnis, program studi Administrasi Negara tahun akademik 2016-2017. Penelitian merupakan penelitian tindakan kelas, pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi dan wawancara kepada mahasiswa semester II. Hasil penelitian menunjukan Hambatan yang di alami mahasiswa berupa minimnya kosakata, pengetahuan mengenai struktur kalimat lemah, pelafalan (Pronounciation) yang buruk dan kurang percaya diri, kesemua informan memiliki pengetahuan mengenai metode pembelajaran CL. Pengetahuan ini menunjukkan adanya kejelasan metode yang dipakai untuk meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Inggris.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

eksos

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Eksos (Jurnal Ekonomi dan Sosial) memuat intisari dari hasil-hasil penelitian tentang permasalahan seputar bidang ekonomi dan sosial yang dapat bermanfaat bagi akademisi, praktisi, pemerintah, ataupun masyarakat. Hasil penelitian dari Japri berfokuskan pada berbagai tema, topik, dan aspek ...