Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Hasil belajar siswa pada materi iklim global (el nino dan la nina) dengan pengajaran Konvensional, (2) Hasil belajar siswa pada materi iklim global (el nino dan la nina) dengan pengajaran Multimedia, (3) Ada perbedaan yang signifikan dari pembelajaran menggunakan Multimedia. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan sampel 78 siswa yang dibagi menjadi dua kelas. Pengambilan sampel adalah random sampling. Instrumen yang digunakan berupa tes objektif. yang telah diukur validitas dan reliabilitasnya dengan rumus Product Moment dengan reliabilitas sebesar 1,039. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji “t”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar siswa pada materi iklim global (el nino dan la nina) dengan pengajaran Konvensional diperoleh nilai rata- rata 63,37 (2) Hasil belajar siswa pada materi iklim global (el nino dan la nina) dengan pengajaran Multimedia diperoleh nilai rata - rata 77,62, (3) Setelah t o diketahui, lalu dikonsultasikan dengan tabel dengan α 5% atau 1% dengan df= 78. Pada tabel t dengan df = 78, 5% = 2,00 dan α= 1% = 2,65, karena t o > ttabel yaitu 2,00 <8,09> 2,65, Maka hipotesis nihil (ho) ditolak dan hipotesis alternatif (ha) diterima. Berarti ada perbedaan yang signifikan dari Pengajaran Konvensional dengan Pengajaran Multimedia.Kata kunci: Hasil belajar, pengajaran multimedia dan pengajaran konvensional
Copyrights © 2011