Penelitian ini bertujuan untuk (1) Aktivitas belajar siswa dengan menggunakan model SQ3R (Survey, Question, Read, Recite dan Review)pada materi Hakikat Geografi dan (2) hasil belajar siswa dengan menggunakan model SQ3R (Survey, Question, Read, Recite dan Review)pada materi hakikat geografi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) subjek penelitian adalah kelas pelaksanaan X-B SMA RK Deli Murni Bandar Baru tahun ajaran 2011/2012 yang berjumlah 42 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, siklus I yang terdiri dari satu kali pertemuan dan siklus II juga terdiri dari satu kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes tertulis dan LKS, teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Model pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite dan Review) dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada materi Hakikat Geografi sebesar 12,43% yang terdiri dari siklus I sebesar 67,72% dan 80,15% pada siklus II, (2) Model pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite dan Review) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Hakikat Geografi sebesar 21,42% dari 66,67% pada siklus I dan 88,09% pada siklus II.Kata kunci: Karakteristik demografi dan sosial ekonomi masyarakat pesisir
Copyrights © 2012