JOURNAL UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Ekonomi
Vol 1 No 1 (2017): Februari 2017

PENGARUH PENGGUNAAN INTERNET TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PESERTA DIDIK KELAS X SMK NURUL HUDA SUKARAJA OKU TIMUR

Khafid Ismail (Universitas Negeri Semarang)



Article Info

Publish Date
20 Feb 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar IPS peserta didik yang pembelajarannya menggunakan internet sebagai sumber belajar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik SMK Nurul Huda Sukaraja yang terdiri dari Sembilan kelas. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan secara acak melalui pengundian, dan dan kelas yang terpilih adalah kelas X Akuntansi yang berjumlah 19 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Uji hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji t. diperoleh sebesar 30,885 dan nilai b sebesar 0,387. Tabel distribusi t dicari pada α = 5 dengan derajad kebesaran (df) n-2 atau 19 - 2 = 17. Pengujian satu sisi (signifikansi = 0,05) hasil diperoleh untuk sebesar 1,734. Kriteria pengujian hipotesis, yaitu H0 diterima jika < , H0 ditolak jika > . Hasil perhitungan uji t yang sudah dilakukan menunjukkan bahwa 30,885 > 1,734, artinya Ha diterima.Jadi, terdapat pengaruh penggunaan internet terhadap hasil belajar IPS peserta didik kelas X SMK Nurul Huda Sukaraja OKU Timur.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

utility

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

Fokus artikel yang dapat diterbitkan terkait dengan pendidikan dan ekonomi. Berikut adalah menjabarannya: 1. Pendidikan Ekonomi meliputi; model, strategi, pendekatan, pengembangan bahan ajar dan media dalam pembelajaran Ekonomi. 2. Penelitian ilmiah: kajian ilmiah terkait bidang Ekonomi atau ...