JOURNAL UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Ekonomi
Vol 2 No 2 (2018): Agustus 2018

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament terhadap Kemampuan Berfikir Tingkat Tinggi Siswa

Dewi Setianingsih (Universitas Pendidikan Indonesia)
Tjutju Yuniarsih (Universitas Pendidikan Indonesia)
Rozmitha Dewi Yuniarti Rozali (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
06 Dec 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap kemampuan berfikir tingkat tinggi (HOTS) siswa pada kompetensi dasar perdagangan internasional. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan bentuk penelitian kuasi eksperimen. Subyek penelitiannya adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Cililin tahun pelajaran 2017/2018. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes. Berdasarkan hasil analisis diperoleh nilai signifikasi model sebesar 0,009 dengan nilai p-value sig lebih kecil dari 0,05, yang berarti bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT disertai media ular tangga terhadap kemampuan berfikir tingkat tinggi (HOTS), dengan nilai N Gain sebesar 0,35194.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

utility

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

Fokus artikel yang dapat diterbitkan terkait dengan pendidikan dan ekonomi. Berikut adalah menjabarannya: 1. Pendidikan Ekonomi meliputi; model, strategi, pendekatan, pengembangan bahan ajar dan media dalam pembelajaran Ekonomi. 2. Penelitian ilmiah: kajian ilmiah terkait bidang Ekonomi atau ...