Omiyage: Jurnal Bahasa dan Pembelajaran Bahasa Jepang
Vol 1, No 1 (2018)

Hubungan Kebiasaan Menonton Anime dengan Penguasaan Kosakata (Goi) Siswa Kelas XII IPS SMA Negeri 12 Padang Tahun Ajaran 2017/2018

Talia Oktaviana Sari Nasution (Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Padang)
Sitti Fatimah (English Languange Education Universitas Negeri Padang)
Nova Yulia (Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan atau tidak ada hubungan yang signifikan antara kebiasaan siswa menonton anime dan penguasaan kosakata (goi) bahasa Jepang mereka. Desain penelitian ini adalah desain korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS SMA Negeri 12 Padang. Jumlah total populasi adalah 165 orang. Sampel dipilih menggunakan teknik purposive sampling, yaitu kelas XII IPS 1 yang berjumlah 29 siswa. Penelitian ini menggunakan kuesioner untuk mengetahui kebiasaan menonton anime siswa dan uji kosakata untuk mengetahui penguasaan goi siswa. Ada tiga rumusan masalah yang harus dijawab pada penelitian ini. Hasil dari rumusan masalah pertama adalah nilai rata-rata angket kebiasaan menonton anime adalah 44,51. Hasil dari rumusan masalah kedua adalah penguasaan goi siswa mendapat nilai rata-rata 68,27. Hasil perhitungan rumusan masalah yang ketiga adalah nilai korelasi dari dua variabel; kebiasaan menonton anime dan penguasaan goi  adalah 0,769. Hal ini membuktikan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, itu berarti ada hubungan yang signifikan antara kebiasaan menonton anime dengan penguasaan goi siswa.Kata Kunci : Kebiasaan, Menonton Anime, Kosakata (Goi)

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

omiyage

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

OMIYAGE: Jurnal Bahasa dan Pendidikan Bahasa Jepang, which is published every Juni and Desember, consists of research-based and review articles, fresh ideas about Japanese language, literature, culture, as well as teaching and learning, which have never been published before. The scopes of this ...