Abstrak Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kesulitan dalam menggunakan kata bantu bilangan (josuushi). Penelitian ini untuk mengetahui bentuk dan jenis kesalahan penggunaan josuushi ~ hiki / biki / piki dan ~ tsu mahasiswa tahun masuk 2017 Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang U niversitas Negeri Padang. Metode penelitian ini adalah kualitatif. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa tahun masuk 2017 Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Padang, dan sampelnya adalah 33 orang murid tahun masuk 2017 Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Padang. Metode penelitian dengan menggunakan intrumen tes obyektif.Hasil penelitian ini kesalahan yang ada penggunaan josuushi ~ hiki / biki / piki dan ~ tsu pada bentuk kesalahan fonologi yang ditemukan sebesar 20,39%. Sedangkan pada bentuk kesalahan morfologi ada pada morfofonemik yang ditemukan sebesar 48,98%. Jenis kesalahan yang ditemukan sebesar 31,91% kesalahan. Jenis kesalahan yang ditemukan sebesar 8,03%. Dan kerusakan yang ditemukan sebesar 13,13%. Kata kunci: analisis kesalahan, josuushi, ~ hiki / biki / piki dan ~ tsu
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2018