Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya beberapa kendala siswa dalam mempelajari huruf hiragana.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah permainan bingo efektif dalam pembelajaran huruf hiragana siswa kelas X MIA 4 SMA Negeri 8 Padang. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis eksperimen semu desain posttest only control grup design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas X SMA Negeri 8 Padang dengan program peminatan bahasa Jepang sebanyak 113 siswa., dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini yaitu kelas X MIA 4 sebanyak 33 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 5 sebanyak 32 siswa sebagai kelas kontrol. Data penelitian diambil dengan menggunakan instrumen tes tertulis berupa objektif dan isian. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan bingo efektif dalam pembelajaran huruf hiragana siswa kelas X MIA 4 SMA Negeri 8 PadangĀ  signifikan 0,05. Hal tersebut terlihat dari thitung lebih besar ttabel (1,82 > 1,69).Kata kunci: permainan bingo,penguasaan, huruf hiragana
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2018