Omiyage: Jurnal Bahasa dan Pembelajaran Bahasa Jepang
Vol 1, No 1 (2018)

Hubungan Penguasaan Goi dengan Kemampuan Dokkai Mahasiswa Tahun Masuk 2016 Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Padang

Yusnidarti - - (Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Padang)
Nova Yulia (Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Padang)
Hendri Zalman (Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan penguasaan goi dengan kemampuan dokkai mahasiswa tahun masuk 2016 program studi pendidikan bahasa  Jepang Universitas Negeri Padang. Jenis penelitian ini penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif menggunakan rancangan korelasional. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa tahun masuk 2016 program studi pendidikan bahasa Jepang Universitas Negeri Padang berjumlah 30 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu teknik total sampling. Data penelitian ini yaitu skor tes penguasaan goi dan skor tes kemampuan dokkai. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes objektif untuk menguji penguasaan goi dan kemampuan dokkai. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan diketahui beberapa hal berikut. Pertama, nilai rata-rata penguasaan goi mahasiswa tahun masuk 2016 program studi pendidikan bahasa Jepang Universitas Negeri Padang adalah 81,24 dengan kualifikasi sangat baik sekali. Kedua, nilai rata-rata kemampuan dokkai mahasiswa tahun masuk 2016 program studi pendidikan bahasa Jepang Universitas Negeri Padang adalah 70,38 dengan kualifikasi baik. Ketiga, terdapat hubungan yang signifikan antara penguasaan goi dengan kemampuan dokkai mahasiswa tahun masuk 2016 program studi pendidikan bahasa Jepang Universitas Negeri Padang pada taraf signifikan 95% dengan derajat kebebasan n-1 (30-1=29). Dengan demikian, H0 ditolak dan H1 diterima, karena hasil pengujian membuktikan bahwa nilai thitung lebih besar dari ttabel yaitu sebesar yaitu 5,34 >1,70.Kata Kunci : Kebiasaan, Menonton Anime, Kosakata (Goi)

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

omiyage

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

OMIYAGE: Jurnal Bahasa dan Pendidikan Bahasa Jepang, which is published every Juni and Desember, consists of research-based and review articles, fresh ideas about Japanese language, literature, culture, as well as teaching and learning, which have never been published before. The scopes of this ...