Jurnal Siliwangi: Seri Pendidikan
Vol 3, No 1 (2017): Jurnal Siliwangi Seri Pendidikan

KONTRIBUSI MOTIVASI BERDASARKAN LATAR BELAKANG SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA

Witri Nur Anisa (Unknown)
Ratna Rustina (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jul 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi  motivasi belajar mahasiswa berdasarkan latar belakang sekolah pada  prestasi belajar mahasiswa; Motivasi belajar mahasiswa lulusan SMA terhadap prestasi belajar mahasiswa; Motivasi belajar mahasiswa lulusan SMK terhadap prestasi belajar mahasiswa. Prestasi belajar yang diteliti pada mata kuliah Kalkulus 3. Sebelum angket diberikan kepada mahasiswa dengan latar belakang sekolah SMA dan SMK maka angket terlebih dahulu di uji validitas dan reliabilitas. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa pendidikan matematika angkatan 2014/2015 yang mengikuti Kalkulus 3. Sampel penelitian diambil lulusan SMK dan lulusan SMA. Metode penelitian yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil analisis diperoleh yaitu tidak terdapat kontribusi motivasi belajar berdasarkan latarbelakang sekolah terhadap prestasi belajar mahasiswa; Motivasi belajar mahasiswa lulusan SMA tidak berkontribusi terhadap prestasi belajar mahasiswa; Motivasi belajar mahasiswa lulusan SMK tidak berkontribusi terhadap prestasi belajar mahasiswa.Kata Kunci: Motivasi Belajar, Latar Belakang Sekolah, Prestasi Belajar.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jspendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Siliwangi: Seri Pendidikan adalah jurnal penelitian peer review berkualitas tinggi yang menyambut dan mengakui makalah penelitian empiris asli berkualitas tinggi tentang pendidikan yang ditulis oleh peneliti, akademisi, profesional, dan praktisi pendidikan. Ruang lingkup jurnal ini di ...