Jurnal Siliwangi: Seri Pendidikan
Vol 5, No 1 (2019): Jurnal Siliwangi Seri Pendidikan

ANALISIS KEPUASAN MAHASISWA MELALUI METODE SERVICE QUALITY (SERVQUAL) PADA JURUSAN PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS SILIWANGI

Raden Roro Suci Nurdianti (Universitas Siliwangi)
Suhendra Suhendra (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Sep 2019

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan latar belakang permasalahan yakni  adanya ketidakpuasan mahasiswa di jurusan Pendidikan ekonomi, sehingga perlu diadakan penelitian mengenai kepuasan mahasiswa dan juga komponen-komponen yang mempengaruhinya. Salah satu metode yang biasanya digunakan dalam analisis kepuasan konsumen adalah SERVQUAL (Service Quality) yang  melihat kepuasan konsumen dari lima dimensi utama yakni Responsiveness, Assurance, Tangible, Empathy, dan Reliability. Metode ini biasanya digunakan juga untuk melihat bagaimana pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan.  Adapun metode penelitian yang digunakan adalah Survei Eksplanatori, dengan objek penelitian yakni mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Siliwangi. Sampel diambil sebanyak 300 orang secara proporsional dari mahasiswa angkatan 2015, 2016, 2017.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jspendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Siliwangi: Seri Pendidikan adalah jurnal penelitian peer review berkualitas tinggi yang menyambut dan mengakui makalah penelitian empiris asli berkualitas tinggi tentang pendidikan yang ditulis oleh peneliti, akademisi, profesional, dan praktisi pendidikan. Ruang lingkup jurnal ini di ...