Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:(1) peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Hibrid tipe Traditional Classes-Real Workshop ditinjau dari keseluruhan dan kategori: (a) taraf ekonomi keluarga; (b) Gender, (2) peningkatan self confidence siswa setelah menerima model pembelajaran Hibrid tipe Traditional Classes-Real Workshop ditinjau dari keseluruhan dan kategori: (a) taraf ekonomi keluarga; (b) Gender. Penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen dengan desain kelompok Post-test Only Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Pamarican tahun ajaran 2017/2018. Pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling yang hasilnya yaitu kelas VIII D sebagai kelompok yang belajar dengan model pembelajaran Hibrid tipe Traditional Classes-Real Workshop (kelas eksperimen) dan kelas VIII F sebagai kelas yang belajar dengan model pembelajaran berbasis masalah (kelas kontrol). Untuk mendapatkan data hasil penelitian berupa skor kemampuan pemahaman matematis digunakan instrumen berupa soal uraian sedangkan untuk mengukur self-confidence siswa digunakan angket. Analisis data dilakukan dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial yaitu uji Mann-Whitney dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan: (1) peningkatan kemampuan pemahaman matematis kelas eksperimen secara keseluruhan dan gender(perempuan) lebih baik dari kelas kontrol, peningkatan kemampuan pemahaman matematik kelas eksperimen berdasarkan taraf ekonomi (mampu dan tidak mampu) dan gender(laki-laki) lebih baik dari kelas kontrol; (2) terdapat peningkatan rerata self-confidence siswa setelah belajar dengan model pembelajaran Hibrid tipe Traditional Classes-Real Workshop ditinjau dari keseluruhan dan pada kategori taraf ekonomi (mampu dan tidak mampu) serta gender (laki-laki dan perempuan).
Copyrights © 2018