JESA
Vol 4 No 1 (2020): JESA : Jurnal Edukasi Sebelas April

IMPROVING SCIENCE PROCESS SKILLS AND ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS 'CREATIVITY THROUGH THE USE OF SCIENCE-BASED TEACHING BOOKS

Ai Hayati Rahayu (STKIP Sebelas April Sumedang)



Article Info

Publish Date
18 Feb 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang Keterampilan Proses Sains (KPS) siswa sekolah dasar setelah dilakukan pembelajaran dengan pendekatan saintifik berbantuan buku ajar berbasis KPS. Penelitian ini juga akan menganalisis hubungan/korelasi antara Keterampilan proses sains dengan kreativitas siswa. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan pretes dan postest one group design. Populasinya siswa di SDN Cipameungpeuk Sumedang dan kelas IV diambil sebagai sampelnya. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, angket dan tes KPS. Analisis data berdasarkan SPSS menyatakan bahwa pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik dengan bantuan buku ajar berbasis KPS berpengaruh terhadap peningkatan KPS siswa. Hasil uji korelasi Pearson menyatakan bahwa terdapat korelasi positif yang signifikan antara KPS dengan kreativitas siswa

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jesa

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal EDUKASI Sebelas April is a peer-reviewed journal published by the Unit Pelaksana Teknis Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Sebelas April for information and communication sources for academics (educators), education and learning observers and education practitioners, which is ...