Indonesian Journal of Educationalist
Vol. 1 No. 2 (2020): Edisi Agustus 2020

Studi Korelasi antara Frekuensi Supervisi Akademik Pengawas dengan Kinerja Guru Agama di Madrasah Aliyah se-Kabupaten Pemalang

Puspa Wijaya Wati (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2020

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi oleh kurangnya pelaksanaan supervisi dalam bidang akademik sehingga kinerja guru agama belum sepenuhnya dikategorikan maksimal dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar. Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan yang dilaksanakan di semua Madrasah Aliyah Kabupaten Pemalang sejumlah 13 Madrasah Aliyah Swasta dan Negeri. Data diperoleh dengan mengobservasi kelas pada saat proses pembelajaran berlangsung, studi dokumen, dan melalui angket berupa angket tertutup yang dibagikan kepada semua guru agama di Madrasah Aliyah berjumlah 71 orang. Semua data dianalisis dengan pendekatan kuantitatif dan analisis statistik dengan rumus korelasi dan analisis regresi satu prediktor. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa hubungan antara frekuensi supervisi akademik pengawas dengan kinerja guru agama mempunyai hubungan timbal balik di antara keduanya. Hal ini dibuktikan dengan nilai korelasi rxy sebesar 0,393 serta harga thitung sebesar 3,548 dan dinyatakan signifikan di kedua taraf signifikansi baik 5% maupun 1%. Namun, tingkat korelasinya berada dalam kategori lemah karena nilai rxy sebesar 0,393 berada dalam interpretasi koefisien korelasi 0,20 - 0,40.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

ije

Publisher

Subject

Religion Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Salah satu Jurnal Ilmiah yang dikelola oleh Muntaha Noor Institute guna mempublikasikan hasil-hasil penelitian oleh Pendidik/Guru di Sekolah/Madrasah, Kepala Sekolah/Madrasah, Pengawas di Sekolah/Madrasah, serta pihak lainnya yang berkecimpung dalam dunia pendidikan, khususnya di Sekolah/Madrasah. ...