cover
Contact Name
Muhamad Rifa'i Subhi
Contact Email
muhamadrifaisubhi@muntahanoorinstitute.com
Phone
+6281803964461
Journal Mail Official
muhamadrifaisubhi@muntahanoorinstitute.com
Editorial Address
https://journal.muntahanoorinstitute.com/index.php/ije/about/editorialTeam
Location
Kab. pekalongan,
Jawa tengah
INDONESIA
Indonesian Journal of Educationalist
Published by Muntaha Noor Institute
ISSN : 27236781     EISSN : 27238032     DOI : -
Salah satu Jurnal Ilmiah yang dikelola oleh Muntaha Noor Institute guna mempublikasikan hasil-hasil penelitian oleh Pendidik/Guru di Sekolah/Madrasah, Kepala Sekolah/Madrasah, Pengawas di Sekolah/Madrasah, serta pihak lainnya yang berkecimpung dalam dunia pendidikan, khususnya di Sekolah/Madrasah. Hasil Penelitian dapat berupa Penelitian Tindakan Kelas, Penelitian Tindakan Sekolah/Madrasah, Penelitian Tindakan Kepengawasan, Uji Efektivitas Pengembangan Model Pembelajaran di Sekolah/Madrasah, Strategi Pembelajaran di Sekolah/Madrasah, Evaluasi di Sekolah/Madrasah, Uji Efektivitas dan Pengembangan Layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah/Madrasah, Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling dan lain sebagainya. Indonesian Journal of Educationalist terbit 3 (tiga) kali setiap tahunnya, pada bulan April, Agustus dan Desember, di mana artikel ilmiah pada masing-masing terbitan berjumlah 9 artikel ilmiah. Indonesian Journal of Educationalist telah terdaftar di PDDI LIPI dengan p-ISSN: 2723-6781., dan e-ISSN: 2723-8032.
Articles 37 Documents
Peningkatan Kemampuan Guru MI Binaan Kecamatan Bantarbolang Kabupaten Pemalang dalam Pengelolaan Waktu Belajar Rofiqul A'la
Indonesian Journal of Educationalist Vol. 1 No. 2 (2020): Edisi Agustus 2020
Publisher : Muntaha Noor Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kemampuan guru dalam hal pengelolaan waktu belajar. Tujuan penelitian untuk meningkatkan kemampuan pengelolaan waktu belajar guru MI Binaan Kecamatan Bantarbolang Kabupaten Pemalang. Metode penelitian menggunakan pendekatan penelitian tindakan sekolah yang melibatkan guru-guru MI di lingkungan kecamatan Bantarbolang Kabupaten Pemalang. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan pengelolaan waktu belajar guru MI pada Siklus I dan Siklus II, dengan menggunakan ceklis peserta didik MI yang diampu oleh masing-masing guru pada MI tersebut.
Hubungan Antara Kesadaran Memakai Jilbab dengan Perilaku Sosial dalam Pergaulan di SMP Negeri 3 Pemalang Mufti Abdurrozak
Indonesian Journal of Educationalist Vol. 1 No. 2 (2020): Edisi Agustus 2020
Publisher : Muntaha Noor Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan kurangnya kesadaran seorang wanita muslimah untuk memakai jilbab khususnya siswi di lingkungan SMP N 3 Pemalang. Penelitian menggunakan jenis penelitian kuantitatif lapangan dengan metode wawancara dan kuesioner. Analisis yang digunakan deskriptif yaitu peneliti terjun ke lapangan, untuk mengarahkan responden mengisi angket yang telah disediakan. Analisis uji hipotesis menggunakan korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya hubungan yang signifikan antara kesadaran memakai jilbab dengan perilaku sosial dalam pergaulan di SMP N 3 Pemalang. Pada dasarnya umat Islam harus dan wajib mematuhi perintah dan menjauhi larangan Tuhannya, terutama seorang wanita muslimah wajib menutup auratnya karena aurat seorang wanita adalah seluruh anggota tubuh kecuali telapak tangan dan wajah saja.
Studi Korelasi antara Frekuensi Supervisi Akademik Pengawas dengan Kinerja Guru Agama di Madrasah Aliyah se-Kabupaten Pemalang Puspa Wijaya Wati
Indonesian Journal of Educationalist Vol. 1 No. 2 (2020): Edisi Agustus 2020
Publisher : Muntaha Noor Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi oleh kurangnya pelaksanaan supervisi dalam bidang akademik sehingga kinerja guru agama belum sepenuhnya dikategorikan maksimal dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar. Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan yang dilaksanakan di semua Madrasah Aliyah Kabupaten Pemalang sejumlah 13 Madrasah Aliyah Swasta dan Negeri. Data diperoleh dengan mengobservasi kelas pada saat proses pembelajaran berlangsung, studi dokumen, dan melalui angket berupa angket tertutup yang dibagikan kepada semua guru agama di Madrasah Aliyah berjumlah 71 orang. Semua data dianalisis dengan pendekatan kuantitatif dan analisis statistik dengan rumus korelasi dan analisis regresi satu prediktor. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa hubungan antara frekuensi supervisi akademik pengawas dengan kinerja guru agama mempunyai hubungan timbal balik di antara keduanya. Hal ini dibuktikan dengan nilai korelasi rxy sebesar 0,393 serta harga thitung sebesar 3,548 dan dinyatakan signifikan di kedua taraf signifikansi baik 5% maupun 1%. Namun, tingkat korelasinya berada dalam kategori lemah karena nilai rxy sebesar 0,393 berada dalam interpretasi koefisien korelasi 0,20 - 0,40.
Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pokok Bilangan pada Peserta Didik MI Negeri Karang Poh Pulosari Pemalang Melalui Strategi Think Talk Write (TTW) Mei Shinta Rahmawati
Indonesian Journal of Educationalist Vol. 1 No. 2 (2020): Edisi Agustus 2020
Publisher : Muntaha Noor Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas pada peserta didik kelas IV MIN Karang Poh. Berdasarkan observasi awal terhadap proses pembelajaran Matematika di kelas IV, peserta didik masih kurang paham dengan materi yang diajarkan oleh guru dan peserta didik merasa bosan dengan suasana yang kurang menarik, seperti dalam proses belajar mengajar peserta didik mengobrol sendiri, bermain bulpoin dan kurang memperhatikan penjelasan guru. Hal ini disebabkan proses pembelajaran masih menggunakan metode ceramah. Peneliti menerapkan strategi pembelajaran Think Talk Write (TTW) pada kelas IV MIN Karang Poh dengan jumlah peserta didik ada 20. Pengumpulan data menggunakan metode observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif non statistik. Penelitian dilaksanakan dalam tiga tahap, yaitu kegiatan pra siklus, pelaksanaan siklus I dan siklus II dan penyempurnaan data dan penyusunan laporan. Kondisi awal hasil belajar peserta didik sangat rendah yaitu rata-rata 54,5 dengan ketuntasan belajar 30%. Setelah diterapkan strategi pembelajaran TTW hasil belajar peserta didik meningkat. Pada siklus I diperoleh data rata-rata hasil belajar peserta didik 62,5 dengan ketuntasan belajar sebanyak 55%. Pada siklus II diperoleh data rata-rata hasil belajar peserta didik 76 dengan ketuntasan belajar secara klasikal 75%. Dari data tersebut terlihat, bahwa ada peningkatan hasil belajar peserta didik setelah diterapkan strategi pembelajaran TTW.
Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik MI Rahmatul Umat 01 Walangsanga Moga Pemalang Metode Resitasi Maulidatus Solikha
Indonesian Journal of Educationalist Vol. 1 No. 2 (2020): Edisi Agustus 2020
Publisher : Muntaha Noor Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pada peserta didik kelas IV MI Rahmatul Umat 01 Desa Walangsanga Kecamatan Moga Kabupaten Pemalang. Diterapkan melalui 2 siklus, di mana setiap siklus terdapat empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Pada kondisi awal sebelum diterapkanya metode resitasi, rata-rata hasil belajar peserta didik sebesar 67,08 dengan ketuntasan belajar sebesar 43,59%. Setelah dilaksanakan metode resitasi hasil belajar peserta didik meningkat. Pada siklus I, prosentasi rata-rata hasil belajar peserta didik sebesar 75,69 dengan ketuntasan belajar peserta didik sebesar 74,36%. Pada siklus II, rata-rata hasil belajar peserta didik yaitu sebesar 86,02 dengan ketuntasan belajar sebesar 92,30%. Dari data tersebut, jelas bahwa ada peningkatan hasil belajar dari sebelum diterapkannya metode resitasi dengan setelah metode resitasi diterapkan. Namun dari penelitian ini masih terdapat peserta didik yang dari siklus pertama dan kedua mempunyai nilai di bawah indikator keberhasilan. Hal ini disebabkan karena daya ingat peserta didik yang lemah. Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan penerapan metode resitasi dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV khususnya pada materi pokok struktur bagian tumbuhan dan fungsinya di MI Rahmatul Umat 01 Walangsanga Moga Pemalang.
Korelasi Antara Tingkat Perhatian Orang Tua Siswa dan Hasil Belajar Biologi Kelas X Semester Gasal di MAN Pemalang Dien Rosiana Zubail
Indonesian Journal of Educationalist Vol. 1 No. 2 (2020): Edisi Agustus 2020
Publisher : Muntaha Noor Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Jenis penelitian menggunakan penelitian kuantitatif, dengan sampel 25% dari populasi, yaitu 30 siswa menggunakan teknik Simple Random Sampling. Pengumpulan data menggunakan metode angket. Data dianalisis menggunakan teknik statistik analisis product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diketahui rata-rata dari masing-masing variabel maka langkah selanjutnya uji hipotesis dengan rumus korelasi product moment, dari analisis tersebut dapat diketahui ada hubungan yang signifikan antara tingkat perhatian orang tua dan hasil belajar dalam mata pelajaran biologi kelas x di MAN Pemalang tahun ajaran 2012/2013. Hal ini ditunjukkan dari uji rxy = 0,842 dengan ditunjukkan hasil perhitungan tabel pada taraf signifikan 5 %, sedangkan ttabel 5% = 2,048 dan ttabel 1% = 2,763. Berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya ada hubungan yang signifikan antara tingkat perhatian orang tua dan hasil belajar dalam mata pelajaran biologi kelas x di MAN Pemalang tahun ajaran 2012/2013.
Metode Pembiasaan Kegiatan Keagamaan Intrakurikuler di MTs Negeri Model Pemalang Ulin Nailatul Mukaromah
Indonesian Journal of Educationalist Vol. 1 No. 2 (2020): Edisi Agustus 2020
Publisher : Muntaha Noor Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode pembiasaan kegiatan keagamaan studi pada kegiatan intrakurikuler di MTs Negeri Model Pemalang. Penelitian menggunakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Data diperoleh menggunakan studi pustaka dan studi lapangan. Kajian menunjukan bahwa proses pelaksanaan kegiatan keagamaan dalam membentuk kepribadian yang baik pada siswa salah satunya dengan menggunakan metode pembiasaan yang dilakukan secara berangsur-angsur bukan hal yang sekali jadi melainkan sesuatu yang berkembang. Oleh karena itu pembentukan kepribadian yang sesuai dengan ajaran agama merupakan suatu proses jika berlangsung baik maka akan menghasilkan kepribadian yang baik pula. Adapun pembiasaan yang dilakukan oleh siswa MTs disini meliputi: shalat berjamaah, membiasakan membaaca asmaul husna, membaca doa sehari-hari, membaca surat-surat pendek dan yasin dalam Alquran dan latihan berkhitobah/ pidato.
Peningkatan Hasil Belajar dan Keaktifan Siswa MI Nurul Huda Pegundan Petarukan Pemalang pada Pembelajaran Fiqih Menggunakan Card Sort Sunarjo
Indonesian Journal of Educationalist Vol. 1 No. 2 (2020): Edisi Agustus 2020
Publisher : Muntaha Noor Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi proses pembelajaran fiqih di kelas V MI Nurul Huda Pegundan Petarukan Pemalang lebih mengarah pada proses pembelajaran yang bersifat pasif dengan guru banyak ceramah dan diakhiri dengan tanya jawab. Penelitian di bahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 2 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: terjadi peningkatan hasil belajar dan keaktifan belajar siswa kelas V MI Nurul Huda Pegundan Petarukan Pemalang pada pembelajaran fiqih materi pokok ketentuan qurban setelah menerapkan metode card sort dapat di lihat dari tingkat ketuntasan belajar peserta didik per siklus yaitu pada pra siklus ada 12 siswa atau 48,5%, mengalami kenaikan pada siklus I ada 22 siswa atau 66,7%, dan pada siklus II tingkat ketuntasan siswa ada 29 siswa atau 87,9%, peningkatan sebesar sebanyak 21,8% dan 18,8%. Begitu juga keaktifan belajar juga meningkat dimana pada siklus pada siklus I ada 20 siswa atau 60,6% dan mengalami kenaikan pada siklus II yaitu ada 30 siswa atau 90,9%,, peningkatan tersebut sebesar 30,3%.
Pembelajaran PKN Materi Sistem Pemerintahan Tingkat Pusat Dengan Model The Power Of Two And Four di MI Negeri Bantarbolang Pemalang Ida Widiarti
Indonesian Journal of Educationalist Vol. 1 No. 2 (2020): Edisi Agustus 2020
Publisher : Muntaha Noor Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian membahas tentang pembelajaran Pkn materi Sistem Pemerintahan Tingkat Pusat dengan model The Power Of Two And Four di kelas IV MI Negeri Bantarbolang Kabupaten Pemalang. Kajiannya dilatar belakangi oleh realitas yang menunjukan semakin banyaknya inovasi dalam pembelajaran. Penelitian dibahas melalui studi lapangan. Data penelitian diperoleh dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Semua data dianalisis dengan pendekatan fenomenologis dan analisis deskriptif. Kajian ini menunjukan bahwa dalam pembelajaran PKn dengan model The Power Of Two And Four sudah sesuai dengan teori. Hal ini terlihat dari adanya persiapan guru yang dilakukan sebelum mengajar di ruang kelas. Adapun pedoman guru dalam pelaksanaan model The Power Of Two And Four adalah buku PAIKEM.
Pelaksanaan Metode Observasi MBS/MBM untuk Meningkatkan Peran Serta Masyarakat di MI NU Jatirejo Ampelgading Pemalang Diyono, Diyono
Indonesian Journal of Educationalist Vol. 1 No. 3 (2020): Edisi Desember 2020
Publisher : Muntaha Noor Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk memberikan sumbangan pemikiran secara aktif dalam upaya peningkatan mutu pendidikan di Sekolah Dasar/MI. Secara khusus, penelitian bertujuan untuk: (1) mengetahui pelaksanaan metode observasi dalam rangka meningkatkan peran serta masyarakat di MI NU Jatirejo Ampelgading Pemalang; dan (2) mengetahui peningkatan peran serta masyarakat melalui metode observasi di MI NU Jatirejo Ampelgading Pemalang. Subyek penelitian adalah semua wali murid MI NU Jatirejo Ampelgading Pemalang. Pemerintah pusat mendesentralisasikan beberapa urusan kepada pemerintah daerah termasuk bidang pendidikan yang dikenal dengan otonomi sekolah yang selanjutnya dikembangkan pola pengelolaan sekolah dengan istilah Manajemen berbasis sekolah/madrasah (MBS/MBM). Untuk mengatasi rendahnya mutu pendidikan di sekolah termasuk Sekolah MI, program MBS/MBM merupakan salah satu program pendidikan yang mengakomodir semua pihak sebagai penanggung jawab pendidikan baik sekolah, pemerintah dan masyarakat. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa upaya peningkatan mutu pendidikan di sekolah dasar (SD)/MI dapat ditanggulangi melalui manajemen berbasis sekolah/madrasah (MBS/MBM).

Page 1 of 4 | Total Record : 37