Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pada peserta didik kelas IV MI Rahmatul Umat 01 Desa Walangsanga Kecamatan Moga Kabupaten Pemalang. Diterapkan melalui 2 siklus, di mana setiap siklus terdapat empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Pada kondisi awal sebelum diterapkanya metode resitasi, rata-rata hasil belajar peserta didik sebesar 67,08 dengan ketuntasan belajar sebesar 43,59%. Setelah dilaksanakan metode resitasi hasil belajar peserta didik meningkat. Pada siklus I, prosentasi rata-rata hasil belajar peserta didik sebesar 75,69 dengan ketuntasan belajar peserta didik sebesar 74,36%. Pada siklus II, rata-rata hasil belajar peserta didik yaitu sebesar 86,02 dengan ketuntasan belajar sebesar 92,30%. Dari data tersebut, jelas bahwa ada peningkatan hasil belajar dari sebelum diterapkannya metode resitasi dengan setelah metode resitasi diterapkan. Namun dari penelitian ini masih terdapat peserta didik yang dari siklus pertama dan kedua mempunyai nilai di bawah indikator keberhasilan. Hal ini disebabkan karena daya ingat peserta didik yang lemah. Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan penerapan metode resitasi dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV khususnya pada materi pokok struktur bagian tumbuhan dan fungsinya di MI Rahmatul Umat 01 Walangsanga Moga Pemalang.
Copyrights © 2020