Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode pembiasaan kegiatan keagamaan studi pada kegiatan intrakurikuler di MTs Negeri Model Pemalang. Penelitian menggunakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Data diperoleh menggunakan studi pustaka dan studi lapangan. Kajian menunjukan bahwa proses pelaksanaan kegiatan keagamaan dalam membentuk kepribadian yang baik pada siswa salah satunya dengan menggunakan metode pembiasaan yang dilakukan secara berangsur-angsur bukan hal yang sekali jadi melainkan sesuatu yang berkembang. Oleh karena itu pembentukan kepribadian yang sesuai dengan ajaran agama merupakan suatu proses jika berlangsung baik maka akan menghasilkan kepribadian yang baik pula. Adapun pembiasaan yang dilakukan oleh siswa MTs disini meliputi: shalat berjamaah, membiasakan membaaca asmaul husna, membaca doa sehari-hari, membaca surat-surat pendek dan yasin dalam Alquran dan latihan berkhitobah/ pidato.
Copyrights © 2020