Indonesian Journal of Educationalist
Vol. 1 No. 3 (2020): Edisi Desember 2020

Penerapan Teknik Pendekatan Penanaman Nilai dalam Pembelajaran “Puasa Ramadhan” di Kelas III MIN 1 Pemalang

Siti Hajar (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2020

Abstract

Pendidikan dan pengajaran mempunyai peranan yang sangat penting dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Oleh karena itu, pembangunan bersifat menyeluruh dan kompleks sehingga tujuan pendidikan dan pengajaran mengarah dalam menumbuhkan manusia Indonesia yang terdidik dan terlatih sehingga mampu membangun dirinya sendiri serta rasa tanggung jawab atas pembangunan bangsa. Tujuan penelitian untuk (1) Meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran Fikih pada materi “Puasa Ramadhan”. 2). Meningkatkan keberanian siswa untuk tampil menjawab soal-soal di depan kelas yang yang diberikan guru Fikih. Subjek penelitian adalah siswa Kelas III MIN 1 Pemalang tahun ajaran 2019/2020, sejumlah 26 siswa. Dari hasil kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan selama tiga siklus, dan berdasarkan seluruh pembahasan serta analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan sebagai berikut: 1). Pembelajaran dengan berbasis masalah memiliki dampak positif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu siklus I (38,46%), siklus II (61.53%), siklus III (100%).

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

ije

Publisher

Subject

Religion Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Salah satu Jurnal Ilmiah yang dikelola oleh Muntaha Noor Institute guna mempublikasikan hasil-hasil penelitian oleh Pendidik/Guru di Sekolah/Madrasah, Kepala Sekolah/Madrasah, Pengawas di Sekolah/Madrasah, serta pihak lainnya yang berkecimpung dalam dunia pendidikan, khususnya di Sekolah/Madrasah. ...