Journal of Sport Science And Physical Education (JOSEPHA)
Vol 1, No 1 (2020)

PENDEKATAN MULTIPLE INTELLIGENCE PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI UNTUK HIDUP SEHAT DI SEKOLAH DASAR

Taryatman Taryatman (Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa)
Siti Irene Astuti (Universitas Negeri Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
29 Apr 2020

Abstract

Manusia memiliki perasaan, akal budi, karakter atau watak yang beragam, yang semuanya itu sebenarnya adalah berbagai macam bentuk kecerdasan. Berdasarkan teori perkembangan peserta didik, diyakini bahwa setiap peserta didik lahir dengan lebih dari satu bakat. Setiap peserta didik mempunyai bakat yaitu kemampuan yang menonjol dalam salah satu aspek kepribadian, yang diperoleh sebagai pembawaan. Oleh karena itu, sejak lahir setiap peserta didik tidak ada yang bodoh, yang ada anak yang cerdas dalam aspek yang berbeda-beda. Kajian literatur ini terfokus pada pendekatan kecerdasan majemuk pada pembelajaran pendidikan jasmani untuk hidup sehat bagi peserta didik sekolah dasar. Pembahasan dalam kajian telaah ini supaya memberikan gambaran sejumlah strategi bagi guru pendidik jasmani untuk kegaitan belajar mengajar (1) teknik gerak dasar; (2) hubungan antara hidup sehat yang aktif, teori multiple intelligence, dan pembelajaran gerak dasar lokomotor, non lokomotor dan manipulatif, dan (3) pendekatan multiple intelligence untuk mengajar dan belajar. Teori multiple intelligence menyatukan sumber daya intelektual dan bervariasi yang diberikan kepada peserta didik dan masyarakat dilingkungan sekolah maupun masyarakat umum. Mengintegrasikan teori multiple intelligence dengan prinsip-prinsip hidup sehat secara aktif yang dipelajari sebagai cara untuk perencanaan program, penyampaian program, pembelajaran peserta didik, dan untuk memfasilitasi evaluasi pembelajaran yang sesuai dalam program hidup sehat bagi peserta didik di sekolah dasar.  Kata kunci:multiple intelligence, pendidikanjasmani, hidupsehat

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JOSEPHA

Publisher

Subject

Education

Description

This journal focuses on the research of a study on Sport and phisycal education. We facilitate the lecturers, researchers and teachers and welcome articles resulted from research or theoretical review. It is hoped that all of those articles can be beneficial for all of the readers. It is published ...