Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh pengaruh kualitas pelayanan sebagai variabel bebas dengan kepuasaan pelanggan sebagai variabel dependen yang diperoleh dari pelanggan hotel sebanyak 158 sampel melalui kuesioner yang kemudian diukur dengan skala likert menggunakan uji validitas, uji korelasi, analisis linier berganda, serta uji f. Berdasarkan hasil pengolahan data, dapat dilihat bahwa semua x berada di atas 0,30 sehingga dapat diartikan semua butir pernyataan disebut valid. Pengukuran reliabilitas dalam penelitian ini menggunakan metode Cronbach’s Alpha. Perhitungan ini dilakukan dengan bantuan program SPSS Versi 24.0. Cronbach’s Alpha dari perhitungan ini menunjukkan angka 0,856 atau > 0,70. Ini menunjukkan kondisi yang reliabel. Dari hasil analisis data menunjukkan bahwa seluruh variabel kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan tamu hotel. Koefisien tangiblese besar 0,087, koefisien reliability 0,306, koefisien responsiveness sebesar 0,306, kooefisien assurance sebesar 0,054 dan koefisien empathi sebesar 0,279. Dari ANOVA terlihat F hitung sebesar 48,565, sedangkan F tabel adalah sebesar 0,2277, atau F hitung > F tabel. Dengan demikian variabel-variabel dalam Kualitas Pelayanan secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan tamu hotel.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020