Kontinu: Jurnal Penelitian Didaktik Matematika
Vol 2, No 1: Mei-Oktober 2018

Upaya Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Menggunakan Pembelajaran Generative pada Kelas VII SMP Muhammadiyah Kaliwiro

Unzila Mega Sofyana (Unknown)
Anggun Badu Kusuma (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Oct 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematissiswa melalui pembelajaran generative.Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Kaliwiro tahun pelajaran 2016/2017.Jenis penelitian ini adalah adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus.Tahapan pada setiap siklusnya meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi.Instrumen yang digunakan untuk mengukur kemampuan penalaran matematis siswa menggunakan tes uraian yang diberikan pada setiap akhir siklus. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data sebagai berikut : pada siklus I penalaran matematis siswa memperoleh rata-rata 52,25. Pada siklus II kemampuan penalaran matematis siswa memperoleh rata-rata 62,5. Pada siklus III kemampuan penalaran matematis siswa memperoleh rata-rata 72,5. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan pembelajaran generative kemampuan penalaran matematis siswa meningkat.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

mtk

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Kontinu: Jurnal Penelitian Didaktik Matematika (E-ISSN: 2656-5544) merupakan e-jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP Unissula sebanyak dua kali dalam setahun pada Bulan Mei dan November. Jurnal yang awalnya bernama Jurnal Pendidikan Matematika (2012-2016) ini ...