Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol 1, No 2 (2014): Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENGGALI INFORMASI DARI TEKS NARASI SEJARAH UNTUK MENANAMKAN NILAI-NILAI KARAKTER PADA PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR

Kumyati, Ida Zulaeha, dan Sarwi (Program Studi Dikdas PGSD, PPS Universitas Negeri Semarang)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2014

Abstract

Penelitian bertujuan mengembangkan bahan ajar menggali informasi dari teks narasi sejarah untuk menanamkan karakter pada peserta didik kelas V Sekolah Dasar, menganalisis kebutuhan bahan ajaryang dikembangkan, mendeskripsikan karakteristik bahan ajaryang dikembangkan, menentukan prototipe bahan ajaryang dikembangkan, dan menguji keberterimaan bahan ajaryang dikembangkan. Berdasarkan analisis data, diketahui bahwa bahan ajar yang dikembangkan berkategori valid dengan rata-rata kevalidan buku siswa 84,1% dan buku guru 85,6%. Guru dan peserta didik memberikan respons sangat setuju terhadap bahan ajar menggali informasi dari teks narasi sejarah.Uji gain menunjukkan peningkatan hasil belajar peserta didik sebesar 0,59 dengan kriteria sedang. Bahan ajar menggali informasi dari teks narasi sejarah mampu meningkatkan karakter peserta didik, melalui pengamatan sikap didapat rata-rata peningkatan 86% menggali. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa bahan ajar  menggali informasi dari teks narasi sejarah valid dan layak digunakan dalam pembelajaran, selain itu penerapan bahan ajar menggali informasi dari teks narasi sejarah dapat menanamkan karakter positif dan hasil belajar peserta didik kelas V Sekolah Dasar.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Humanities Education

Description

Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar merupakan jurnal nasional yang mempublikasikan manuskrip dalam ranah pendidikan, pengelolaan, dan pembelajaran di sekolah dasar (lebih lengkapnya dapat dilihat pada Focus and Scope). Dipublikasikan oleh Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu ...