Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol 3, No 1 (2016): Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW BERBASIS MEDIA VISUAL DI KELAS IV SDN 02 TEMULUS

Yulina Ismiyanti (Universitas Islam Sultan Agung)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2016

Abstract

Mata pelajaran IPS di tingkat dasar bertujuan untuk membekali siswa denganpengetahuan dan kemampuan praktis agar mereka dapat menelaah, mempelajari, dan mengakajifenomena-fenomena serta masalah-masalah sosial yang ada disekitar mereka. Rumusan masalahdalam penelitian ini adalah apakah penerapan model kooperatif tipe Jigsaw berbasis mediavisual dapat meningkatkan keterampilan guru, aktiviatas siswa, dan hasil belajar siswa dalampembelajaran IPS kelas IV SDN 02 Temulus?. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkankualitas pembelajaran yang mencakup keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswadalam pembelajaran IPS di kelas IV SDN 02 Temulus. Jenis penelitian ini adalah penelitiantindakan kelas. Penelitian ini dilakukan dalam III siklus, masing-masing siklus terdiri dariperencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah guru dansiswa kelas IV SDN 02 Temulus yang berjumlah 38 siswa yang terdiri dari 16 siswa laki-lakidan 22 siswa perempuan. Variabel penelitian ini adalah keterampilan guru, aktivitas siswa, danhasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan teknik non tes yangmeliputi observasi, dokumentasi, dan wawancara. Analisis data menggunakan analisis deskriptifkuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan skor keterampilanguru pada siklus I yaitu 28 dengan kategori baik, siklus II meningkat menjadi 32 dengan kategorisangat baik, dan siklus III mengalami peningkatan menjadi 35 dengan kategori sangat baik. Ratarataaktivitas siwa pada siklus I memperoleh skor 14,7 dengan kategori baik, siklus II meningkatmenjadi 15,5 dengan kategori baik, dan siklus III mengalami peningkatan menjadi 17 dengankategori sangat baik. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa siklus I sebesar 73,7%, siklusII meningkat menjadi 78,9%, dan siklus III mengalami peningkatan menjadi 92,1%. Simpulanpenelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berbasis mediavisual dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS meliputi keterampilan guru, aktivitassiswa, dan hasil belajar siswa kelas IV SDN 02 Temulus. Saran bagi guru agar menggunakanmodel pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berbasis media visual dalam pembelajaran IPS sertamenerapkan pada mata pelajaran yang lain.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Humanities Education

Description

Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar merupakan jurnal nasional yang mempublikasikan manuskrip dalam ranah pendidikan, pengelolaan, dan pembelajaran di sekolah dasar (lebih lengkapnya dapat dilihat pada Focus and Scope). Dipublikasikan oleh Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu ...