Proceedings Education and Language International Conference
Vol 1, No 1 (2017): Proceedings of Education and Language International Conference

PERAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBAHASA INDONESIA DI PGSD

Biya Ebi Praheto (Program Studi Doktor Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Sebelas Maret Surakarta)
Andayani Andayani (Program Studi Doktor Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Sebelas Maret Surakarta)
Muhammad Rohmadi (Program Studi Doktor Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Sebelas Maret Surakarta)
Nugraheni Eko Wardani (Program Studi Doktor Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Sebelas Maret Surakarta)



Article Info

Publish Date
07 Jun 2017

Abstract

 Bahasa Indonesia memiliki peran yang penting dalam dunia pendidikan. Selain sebagai bahasa pengantar di dunia pendidikan Indonesia, bahasa Indonesia juga harus dikuasai oleh calon guru SD dalam kaitannya terhadap penguasaan keterampilan berbahasa. Bahasa Indonesia memiliki empat aspek keterampilan yaitu menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Keempat aspek tersebut berkaitan satu sama lain. Melihat hal tersebut multimedia interaktif sebagai media dalam pembelajaran keterampilan berbahasa Indonesia sangat membantu mahasiswa untuk belajar. Dengan multimedia interaktif, mahasiswa dapat belajar tidak hanya secara teoritik namun juga praktik dengan adanya contoh di dalam multimedia interaktif. Multimedia interaktif merupakan media  yang mengintegrasikan berbagai unsure seperti teks, audio, gambar, video, dan animasi sehingga akan membuat mahasiswa lebih tertarik untuk belajar bahasa Indonesia baik pembelajaran klasikal yang diajar dosen menggunakan multimedia interaktif maupun belajar secara mandiri dengan multimedia interaktif. Diharapkan dengan multimedia interaktif dapat membantu dan mempercepat mahasiswa dalam belajar terutama pada penguasaan keterampilan berbahasa Indonesia. Kata Kunci: Multimedia Interaktif, Keterampilan Berbahasa Indonesia, PGSD

Copyrights © 2017