Jurnal Aksioma Ad Diniyah : The Indonesian Journal of Islamic Studies
Vol 3, No 2 (2015)

Pengaruh Pembelajaran Group Investigation Terhadap Kognitif Siswa di MTs Bani Idris Kalanganyar Kabupaten Lebak

Ernawati Sulhatul Imamah (STAI La Tansa Mashiro, Rangkasbitung)



Article Info

Publish Date
15 Dec 2015

Abstract

Learning as an activity to achieve instructional objectives, types and procedures of activities, requires complex thinking, and also balanced participation between students and educators in order to achieve maximum goals.The purpose of this study was to study the effect of group learning on cognitive students at MTs Bani Idris Kalanganyar, Lebak Regency. The method used in this study is the writer who uses correlational quantitative methods. a model of causal relationships. Quantitative method is a method used to present research results in the form of numbers or statistics, while correlational research is a study to determine whether there is a relationship between two or several variables. Based on the results of the study found positive study group investigations of cognitive students. Pembelajaran sebagai kegiatan untuk mencapai tujuan instruksional, jenis dan prosedur kegiatannya, membutuhkan rangkaian pemikiran yang cermat, selain itu juga adanya interaksi yang seimbang antara peserta didik dengan pedidik agar mencapai tujuan yang lebih maksimal.Tujuan Penelitian ini adalh untuk mengetahui pengaruh pembelajaran group investigation terhadap kognitif siswa di MTs Bani Idris Kalanganyar Kabupaten Lebak. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penulis menggunakan metode kuantitatif korelasional. model  hubungan kausal (sebab akibat). Metode kuantitatif adalah metode yang digunakan  untuk penyajian hasil penelitian dalam berbentuk angka-angka atau statistik, sedangkan penelitian korelasional merupakan penelitian untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antara dua atau beberapa variable. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa pembelajaran group investigation berpengaruh positif terhadap kognitif siswa.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

JAD

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Aksioma Ad-Diniyyah ini dikelola Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) STAI La Tansa Mashiro Rangkasbitung, Lebak, Banten. Jurnal ini merupakan perubahan dari Jurnal Al-Hadloroh (ISSN 2067-5606). Sejak Volume 1 Nomor 1 Maret 2013, sebagai terbitan perdana, berkala ini berganti nama ...