Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fisika FITK UNSIQ
Vol 2 No 1 (2020): Vol 2 No 1 (2020): PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN FISIKA FITK UNSIQ

PENGGUNAAN ALAT PERAGA RUMAH BILANGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS II MI MA’ARIF NU KLESMAN KECAMATAN MOJOTENGAH KABUPATEN WONOSOBO TAHUN PELAJARAN 2020/2020

Ana Sartika (Unknown)
Ahmad Khoiri (Unknown)
Muhtar Sofwan Hidayat (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Aug 2020

Abstract

Penggunaan Alat Peraga Rumah Bilangan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas II MI Ma’arif NU Klesman Kecamatan Mojotengah Kabupaten Wonosobo Tahun Pelajaran 2020/2021. Tujuan penelitian ini untuk 1) mengetahui hasil belajar matematika kelas II MI Ma’arif NU Klesman ; 2) mengetahuiapakah penggunaan alat peraga rumah bilangan pada mata pelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa; 3) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan alat peraga rumah bilangan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian true ekspeimental dengan one group pre test post test design. Penelitian ini dilaksanakan di MI Ma’arif Klesman, dengan sampel kelas II sunan muria . instrument yang digunakan berupa test essay. Hasil penelitian yang didapatkan menunjukan adanya peningkatan hasil belajar matematika peserta didik. Penggunaan alat peraga rumah bilangan diterapkan pada materi menentukan nilai tempat dimana rumah ratusan berisi bilangan ratusan, rumah puluhan berisi bilangan puluhan dan rumah satuan berisi bilangan satuan . dengan masing masing warna berbeda. Nilai rerata hasil belajar siswa sebelum menggunakan alat peraga rumah bilangan yaitu 63,25 dengan kategori kurang sedangkan setelah menggunakan alat peraga menjadi 78,80 dengan kategori baik mengalami kenaikan sebesar 14,75. Berdasarkan perhitungan,hasil analisis uji normalitas ditemukan harga X2hitung sebesar 9,77 dan X2tabel sebesar 11,07 dengan taraf kesalahan 5% . karena X2hitung < X2tabel (9,77< 11,07) maka sampel eksperimen berasal dari populasi yang berdistribusi normal. Berdasarkan hasil uji t diperoleh hasil perhitungan diperoleh t hitung =10,30 dan t table = 2,72 dengan taraf 5%, karena t hitung 10,30 > t tabel 2,72 maka dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan alat peraga rumah bilangan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

semnaspf

Publisher

Subject

Chemistry Education Physics Other

Description

PROSIDING Seminar Nasional Pendidikan Fisika FITK UNSIQ is dedicated to all science practitioners about studies and research of science. Various topics that can be accepted in this proceeding are: - Physics Education - Chemistry Education - Biology Education - Media Development and Learning Model - ...