Jurnal Evaluasi dan Pembelajaran
Vol 2 No 2 (2020)

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS XII IPS SMA NEGERI 15 BANDAR LAMPUNG

RATNA JUWITA (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Sep 2020

Abstract

Proses pembelajaran di sekolah bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik dan mempersiapkan menghadapi masa depan yang lebih baik. Sehubungan dengan hal tersebut diatas, salah satu ukuran berhasil atau tidaknya proses belajar mengajar dapat dilihat dari aktivitas dan hasil belajar yang diperoleh siswa setelah mengikuti metode yang digunakan guru dalam proses pembelajaran. Adapun tujuan yang diharapkan dari dilaksanakannya penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan penggunaan model pembelajaran Snowball Throwing untuk meningkatkan aktivitas belajar dalam pembelajaran PPKn siswa Kelas XII IPS SMA Negeri 15 Bandar Lampung. (2) Mendeskripsikan penggunaan model pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran PPKn siswa Kelas XII IPS SMA Negeri 15 Bandar Lampung. Hipotesis penelitian tindakan kelas ini adalah: (1) Penggunaan model pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan aktivitas belajar dalam pembelajaran PPKn siswa Kelas IPS XII SMA Negeri 15 Bandar Lampung. (2) Penggunaan model pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran PPKn siswa Kelas XII IPS SMA Negeri 15 Bandar Lampung. Berdasarkan data hasil analisis diperoleh kesimpulan: (1) Model pembelajaran Snowball Throwingdapat meningkatkan aktivitas belajar siswa Kelas XII IPS SMA Negeri 15 Bandar Lampung. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan rata-rata persentase aktivitas siswa pada siklus I sebesar 78,16% dan pada siklus II meningkat menjadi 92,87%. (2) Model pembelajaran Snowball Throwingdapat meningkatkan ketuntasan hasil belajar PPKnsiswa Kelas XII IPS SMA Negeri 15 Bandar Lampung. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 20,7% dan pada siklus II meningkat menjadi 86,21%. Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Model Pembelajaran Snowball Throwing

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

hepi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Evaluasi dan Pembelajan is a showcase of original, rigorously conducted educational measurement, assessment, and evaluation. The journal particularly covers manuscripts within the following areas: program/policy evaluation, learning assessment, instrument development, educational measurement, ...