Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan
Vol 4, No 2 (2013): September

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KIMIA SMA KELASXI MATERI ASAM BASA UNTUK PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK

Nanang Rahman (Universitas Muhammadiyah Mataram)



Article Info

Publish Date
20 Jan 2018

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengembangkan perangkat pembelajaran kimia SMA kelas XI materiasam basa untuk meningkatkan hasil belajar dan pembentukan karakter peserta didik, (2) mengetahui kualitas dari  perangkat pembelajaran yang dikembangkan, dan (3) mengetahui  perbedaan hasil belajar dan pembentukan karakter antara peserta didik yang diajarkan menggunakan perangkat  hasil pengembangan dengan yang menggunakan perangkat pembelajaran konvensional. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah  Research and Development (R&D) dengan mengacu pada model 4-D yang memiliki tahapan  Define,  Design,  Developdan  Disseminate. Namun, tahapan  Disseminatetidak dilaksanakan. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran yang meliputi: silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran, lembar kegiatan peserta didik, dan instrumen penilaian. Berdasarkan hasil penilaian oleh ahli, pendidik, dan teman sejawat, menunjukkanbahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan secara umum memiliki kategori “sangat baik”. Pembelajaran dengan menggunakan perangkat yang dikembangkan peneliti  dapat membentuk karakter disiplin, tanggung jawab, kreatif, komunikatif dan teliti. Penggunaan perangkat pembelajaran hasil pengembangan juga dapat meningkatkan hasil belajar  peserta didik. Berdasarkan hasil uji-t, maka terdapat perbedaan hasil belajar dan pembentukan karakter peserta didik yang diajarkan dengan perangkat hasil pengembangan dengan yang menggunakan perangkat pembelajaran konvensional.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

paedagoria

Publisher

Subject

Education

Description

Theoretical studies, research and development of teaching materials, activities, models or learning media in the field of education include mathematics and natural sciences (physics, chemistry, biology, science, ICT, and its applications); (2) social science, history, geography, culture and economy; ...