Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan
Vol 5, No 1 (2014): April

EKSPERIMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MASALAH (PROBLEM SOLVING) DAN KONTEKSTUAL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA DI KOTA SURAKARTA

Vera Mandailina (Universitas Muhammadiyah Mataram)



Article Info

Publish Date
21 Jan 2018

Abstract

Salah satu mata pelajaran yang diujikan dalam UjianNasional (UN) SMP/ Mts adalah matematika. Karenanya, nilai mata pelajaran matematika harus terus ditingkatkan. Dalam meningkatkan prestasi belajar matematika siswa, diperlukan beberapa perubahan dalam proses belajar mengajar matematika. Oleh karena itu perlu dikaji apakah terdapat perbedaan prestasibelajar siswa pada masing-masing strategi pembelajaran (Problem Solving, CTL) yang diterapkan dan apakah terdapat perbedaan prestasi belajar siswa pada masing-masing gaya belajar siswa yang diperhatikan. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Kota Surakarta Tahun Pelajaran 2010/2011. Pengambilan sampel menggunakan  Stratified Cluster Random Sampling. Ukuran sampel pada penelitian ini adalah 191 siswa. Hasil uji ANAVA dua jalan dengan sel tak sama adalah (1) Prestasi belajar matematika siswa dengan strategi pembelajaran  problem solvinglebih baik dibandingkan dengan prestasi belajar matematika siswa dengan strategi pembelajaran CTL, (2) Prestasi belajar matematika siswa dengan gaya belajar auditorial sama dengan prestasi belajar matematika siswa dengan gaya belajar kinestetik, prestasi belajar matematika siswa dengan gaya belajar kinestetik sama dengan prestasi belajar matematika siswa dengan gaya belajar visual, prestasi belajar matematika siswa dengan gaya belajar auditorial sama dengan prestasibelajar matematika siswa dengan gaya belajar visual.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

paedagoria

Publisher

Subject

Education

Description

Theoretical studies, research and development of teaching materials, activities, models or learning media in the field of education include mathematics and natural sciences (physics, chemistry, biology, science, ICT, and its applications); (2) social science, history, geography, culture and economy; ...