Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran
Vol 2, No 1 (2020): Vol. 2, No.1, Juli 2020

PENERAPAN METODE CARD SORT DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 COLOMADU TAHUN 2019/2020

Mufidah, Sahda Nastiti (Unknown)
Antika, Rindi Nur (Unknown)
Santoso, Via Ayu (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Aug 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan metode card sort dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Colomadu Tahun Tahun 2019/2020. Metode penelitian yang digunakan ialah kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, serta wawancara. Subjek dalam penelitian ini ialah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Colomadu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran dengan menggunakan metode card sort pada materi lebih memudahkan siswa untuk aktif dalam pembelajaran dan lebih mudah memahami materi PAI, siswa lebih senang dan antusias dalam pembelajaran sehingga mereka dapat menemukan konsep-konsep baru pada materi kejujuran, amanah dan istiqomah. Guru menyediakan beberapa potongan kartu dalam beberapa kategori beserta kartu induknya. Kemudian setiap siswa yang mendapat kartu harus memahami materi atau isi kartu yang ia peroleh, selain itu siswa juga bisa berdiskusi dan berkelompok dengan siswa lain yang mendapat potongan kartu pada kategori yang sama.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

bppp

Publisher

Subject

Humanities Education

Description

Lingkup kajian Buletin ini adalah kegiatan pengenalan lapangan persekolahan yang berupa: 1. Penyusunan perangkat pembelajaran; 2. Pengembangan perangkat pembelajaran; 3. Implementasi perangkat pembelajaran; 4. Inovasi pembelajaran; 5. Pengenalan model-model pembelajaran; 6. Asistensi guru mengajar; ...