INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Vol 3, No 2 (2020): Inopendas : Jurnal Ilmiah Kependidikan (Agustus 2020)

Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Behavior Contract Untuk Meningkatkan Perilaku Sopan Santun

Sulistyowati Sulistyowati (SMP Negeri 2 Pringapus)



Article Info

Publish Date
09 Oct 2020

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui apakah layanan Bimbingan Kelompok dengan teknik Behavior Contract dapat meningkatkan perilaku sopan santun Peserta Didik kelas VIII SMP Negeri 2 Pringapus Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling (PTBK). Subyek penelitian diambil secara acak untuk mengikuti kegiatan Bimbingan Kelompok sejumlah 10 peserta didik laki-laki dari kelas VIII. PTBK ini hanya meneliti dan melaporkan masalah yang terkait dengan meningkatkan perilaku sopan santun melalui Konseling Kelompok dengan teknik Behavior Contract. Hasil yang diharapkan adalah merubah perilaku sopan santun yang rendah menjadi lebih baik. Tehnik analisis data yang digunakan adalah deskriptif komparatif, yaitu membandingkan antara layanan dan proses bimbingan kelompok dari tiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku sopan santun peserta didik mengalami peningkatan dari hasil siklus 1 dan siklus 2. Dilihat dari hasil awal siklus 67%, siklus satu 78% dan siklus dua 81,3%. Selain itu bukti selanjutnya adalah adanya peningkatan kualitas layanan bimbingan kelompok yang dapat dilihat dari jumlah skor rata-rata awal siklus sebesar 56, siklus satu sebesar 64 dan siklus dua sebesar 78,5. Dari siklus satu ke siklus dua mengalami peningkatan sebesar 14,5% dari yang semula hanya 8% diawal siklus.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences Other

Description

Inopendas merupakan jurnal inovasi pendidikan dasar program studi magister pendidikan dasar yang diharapkan mempublish artikel-artikel hasil penelitian terkini di bidang pendidikan dan pembelajaran. Jurnal ini memfokuskan pada inovasi pendidikan dan pembelajaran yang menghasilkan pembelajaran tinggi ...