Pembelajaran IPA di SD Negeri 2 Kalinanas belum menggunakan berbagai model pembelajaran aktif dan masih bersifat konvensional. Hal ini menyebabkan siswa cenderung pasif dan kurangnya perhatian siswa terhadap materi yang disampaikan oleh guru terutama materi pesawat sederhana. Terbukti dari rendahnya hasil belajar siswa yang belum mencapai KKM 65. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD N 2 Kalinanas pada materi pesawat sederhana melalui model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian 15 siswa. Penelitian berlangsung selama 3 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan rata-rata kelas siklus I 62,67; siklus II 74,67; dan siklus III 78,67 dengan persentase ketuntasan belajar klasikal siklus I 40%, siklus II 67%, dan siklus III 87%. Kesimpulan penelitian ini adalah hasil belajar siswa dapat meningkat melalui model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Siswa yang belum tuntas belajar pada siklus III akan diberikan tindakan mandiri berupa latihan-latihan atau remidiasi yang dipantau oleh guru sehingga diharapkan semua siswa dapat tuntas belajar.
Copyrights © 2020