Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 12, No 1 (2018)

ANALISIS KESALAHAN PENYELESAIAN SOAL ALJABAR PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA STKIP SINGKAWANG

Rosmaiyadi Rosmaiyadi (STKIP Singkawang)



Article Info

Publish Date
15 Apr 2018

Abstract

Tantangan bagi perguruan tinggi adalah menciptakan lulusan yang berkompeten dibidangnya. Salah satu kompetensi yang harus dimiliki lulusan Program Studi Pendidikan Matematika di STKIP Singkawang adalah kemapuan dalam menyelesaikan masalah matematika dengan benar dan tepat. Kenyataan di lapangan ternyata mahasiswa masih banyak mengalami kesalahan dalam penyelesaian soal Aljabar. Hal ini dikarenakan materi Aljabar merupakan salah bidang Matematika yang danggap sulit. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menidentifikasi kesalahan-kesalahan mahasiswa dalam mengerjakan soal Aljabar dan faktor-faktor yang mempengaruhi kesalahankesalahan yang dilakukan. Hasil penelitian yang diperoleh kesalahan mahasiswa yang berkaitan dengan konsep aljabar sebesar 17,5%, kesalahan yang berkaitan dengan kesalahan hitung sebesar 25,9%, kesalahan dalam penyimpangan algoritma sebesar 8,76 %, kesalahan penulisan dan penggunaan tanda sebesar 5,13%, kesalahan dengan menjawab sembarang sebesar 1,7%, soal yang tidak selesai dijawab sebesar 21,2% dan soal yang tidak dijawab sama sekali sebesar 10,3%. Faktor intern yang mempengaruhi mahasiswa melakukan kesalahan dalam penyelesaian soal aljabar meliputi faktor jasmaniah dan psikologi, sedangkan faktor ekstern meliputi faktor lingkungan keluarga dan masyarakat.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika (JPM), an electronic peer-reviewed international journal, provides a forum for publishing the original research articles, review articles from contributors, and the novel technology news related to mathematics education. This journal is provided for writers, teachers, ...