Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 10, No 1 (2016)

PENGEMBANGAN SOAL OPEN-ENDED MENGGUNAKAN KONTEKS SUMATERA SELATAN MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL KELAS X SMA

Elva Mardayanti (Universitas Sriwijaya)
Zulkardi Zulkardi (Universitas Sriwijaya)
Budi Santoso (Universitas Sriwijaya)



Article Info

Publish Date
21 Jun 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menghasilkan soal open-ended menggunakan konteks Sumatera Selatan materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV)  yang valid dan praktis di kelas X SMA. (2) Mengetahui efek potensial yang muncul dari pengembangan soal open-ended menggunakan konteks Sumatera Selatan materi SPLDV kelas X SMA. Jenis penelitian yang digunakan adalah Design Research tipe Development Study. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 3 SMA Negeri 1 Muara Enim tahun ajaran 2014/2015. Teknik pengumpulan data adalah dengan walk through, analisis dokumen, dan tes. Data yang dikumpulkan dianalisis secara kualitatif deskriptif dan kuantitatif. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Penelitian ini telah menghasilkan tujuh butir soal open-ended materi SPLDV untuk siswa kelas X SMA yang valid dan praktis. (2) Soal open-ended yang dikembangkan memiliki efek potensial yang positif terhadap hasil tes siswa dimana sebanyak 72,8 % siswa termasuk dalam kategori baik.  DOI: http://dx.doi.org/10.22342/jpm.10.1.3293.1-14

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika (JPM), an electronic peer-reviewed international journal, provides a forum for publishing the original research articles, review articles from contributors, and the novel technology news related to mathematics education. This journal is provided for writers, teachers, ...