AbstrakPenelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan konsepsi siswa SMA YPI Tunas Bangsa tentang soal-soal pemecahan masalah, meliputi karakteristik, langkah-langka, dan strategi  soal pemecahan masalah. Subjek penelitian adalah enam orang siswa kelas XI IPA 1 SMA YPI Tunas Bangsa Palembang. Instrumen penelitian  terdiri dari tes uraian dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan: siswa berkonsepsi bahwa soal pemecahan masalah merupakan soal yang jarang ditemui atau tidak rutin dan membutuhkan perhitungan; siswa dapat menuliskan informasi yang diketahui dan ditanyakan dari soal hanya soal yang mereka yakin bisa diselesaikan dan jawabannya benar; sebagian besar siswa mampu mengikuti langkah ketiga pemecahan masalah dan mampu memeriksa kembali hasil jawabannya pada soal-soal yang mereka bisa selesaikan; strategi yang digunakan siswa yaitu membuat pola, membuat gambar, menebak dan memeriksa serta menggunakan logika dalam menyelesaikan masalah; siswa yang yakin dengan jawabannya akan cenderung tidak mencoba cara lain atau strategi lain dalam menyelesaikan masalah.  Kata Kunci :Konsepsi siswa, Soal-soal Pemecahan Masalah Matematika
Copyrights © 2013