Penelitian ini bertujuan mengetahui peningkatan penguasaan mufrodat pembelajaran mufrodat menggunakan media realia. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan metode eksperimen menggunakan desain Pre-test Post-test Control Group Design. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan test. Sedangkan pengkajian instrument menggunakan instrument uji validitas dan uji reliabilitas. Berdasarkan hasil uji t disimpilkan bahwa terdapat perbedaan enguasaan mufrodat antara kelompok eksperimen dengan kelompok kotrol. Hasil ini ditunjukkan berdasarkan perolehan hasil hipotesis uji t taraf signifikasi 1% thitung= 3,07 dan dk= 60 didapatkan ttabel= 2,66 karena thitung lebih besar dari ttabel. Dan diperoleh nilai rata-rata post-test untuk kelompok eksperimen sebesar 90,87% sedangkan untuk kelompok kontrol sebesar 67,19%. Dari rata-rata peningkatan penguasaan mufrodat tersebut, kelompok eksperimen menunjukkan peningkatan yang lebih tinggi, yakni sebesar 23, 68%. Dengan melihat perbedaan skor yang diperoleh masing-masing kelompok menunjukkan bahwa pengunaan media realia dapat diterapkan untuk meningkatkan penguasaan mufrodat siswa dan dapat dijadikan alternativ dalam pembelajaran bahasa Arab khususnya dalam pembelajaran mufrodat.
Copyrights © 2018