Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol. 1 No. 1 (2018)

INTERFERENSI BAHASA ARAB TERHADAP BAHASA INDONESIA DALAM PERCAKAPAN SANTRI (KAJIAN PADA NOVEL NEGERI 5 MENARA)

Fauzi Rahman (Universitas Indraprasta PGRI Jakarta)
Puji Anto (Universitas Indraprasta PGRI Jakarta)
Abu Maskur (Universitas Indraprasta PGRI Jakarta)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2018

Abstract

Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mengetahui wujud interferensi bahasa Arab terhadapBahasa Indonesia, yang direpresentasikan dalam percakapan antar santri pada novel-novel bertokohsantri di Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif.Sumber data dalam penelitian ini adalah novel-novel di Indonesia dengan cerita yangmenggambarkan tentang tokoh santri, yaitu Novel Negeri 5 Menara karya Ahmad Fuadi. Adapunhasil yang diperoleh dari penelitian ini menyatakan bahwa, Proses interferensi bahasa Arab ke dalambahasa Indonesia yang digambarkan dalam novel bertema pesantren terjadi karena beberapa hal,antara lain: (1) Penulis memang menguasai bahasa Arab, (2) Penulis ingin memperkenalkan bahasaArab kepada pembaca, (3) Penulis novel ingin menggambarkan bagaimana suasana komunikasi yangterjadi di dalam pondok pesantren yang mewajibkan bahasa Arab. Proses interferensi terjadi karenakebiasaan seseorang menggunakan suatu bahasa, sehingga berpengaruh dan masuk ke dalam sistembahasa lain yang sedang digunakan oleh si pengguna dwibahasa. Hal ini lah yang menyebabkanpengguna bahasa Indonesia yang digambarkan dalam novel, sering menyisipkan bahasa Arab didalam percakapannya.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

imajeri

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

IMAJERI: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (E-ISSN: 2654-4199) is an open access, multidisciplinary, peer-reviewed journal that is online publishes two times in a year. Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia is providing a platform for the researchers, academicians, ...